133 Anak Ikuti Khitanan Massal Haul Syech Maulana Ibrahim

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Sebanyak 133 anak tingkah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tuban dan sekitarnya mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan oleh Panitia Haul Agung Syech Maulana Ibrahim Asmoro Qondi, Desa Gersikharjo, Kecamatan Palang, Senin (24/6/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di Halaman Masjid Asmoro Qondi tersebut merupakan rangkaian haul agung. Malam sebelumnya, telah diselenggarakan pengajian umum yang diisi oleh Gus Muwafiq.

Menurut panitia khitanan massal, Tarsiman mengatakan, kegiatan khitanan massal telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya,  tepatnya saat haul. Untuk jumlahnya tahun ini diikuti sebanyak 133 anak yang ada di Kabupaten Tuban dan sekitarnya.

"Yang paling jauh, perserta dari Surabaya," ungkap Tarsiman.

Lebih lanjut,  Khitanan Massal yang dilaksanakan Panitia Haul Agung Syech Maulana Ibrahim Asmoro Qondi ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

"Bahkan yang ikut, diberi perlengkapan khitan, baju untuk wali khitan dan uang transpotasi,"ungkapnya. 

Salah satu peserta khitan,  Muhammad Viva Yoga Nahadi (10) asal Kota Lamongan mengatakan, mengikuti khitan massal atas keinginanya sendiri, sebelum dikhitan ia sempat takut namun sesudahnya merasa lega. 

"Tadi sempat takut kalu sakit,  ternyata rasanya kayak digigit semut," tandasnya.[nid/col]