Dapat Pembinaan WKSBM, Ini Harapan untuk Peserta

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melaui Dinas Sosial (Dinsos), hari ini memberikan pembinaan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) kepada pemuda di Desa Jegulo, Kecamatan Soko.

Giat yang berawal dari landasan karang taruna setempat, yang memiliki potensi berupa sendang dengan perencanaan wisata, menjadi salah satu penunjang promosi desa.

"Untuk mengangkat kesejahteraan, khususnya unsur pemuda," ujar salah satu Pengurus WKSBM, Duror kepada blokTuban.com, Jumat (21/6/2019).

Dijelaskannya lagi, pembinaan yang menyasar 20 pemuda desa itu dirangkum dalam bentuk pelatihan sablon, dilaksanakan selama dua hari sampai Sabtu (22/6/2019) besok.

Selama itu, para pemuda dibina dengan dua metode sablon, yakni sablon manual dan pres. Mereka membuat icon sablon yang berkenaan dengan identitas desanya sendiri, yaitu JEGULO BAERO. BAERO sendiri merupakan singkatan dari kata Bersih, Aman, Elegan, Religius, Optimis.

Dari giat yang dipantau langung oleh Dinsos, berikut instruktur dan fasilitator, pemuda diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan, juga membuka peluang kerjanya sendiri.

"Harapan kita, agar bisa menunjang dan mengurangi pengangguran. Mengangkat teman-teman yang membutuhkan pekerjaan, khususnya pemuda karang taruna," pungkasnya. [feb/col]