18:00 . Tingkatkan Pelayanan di Mapolres, Kapolres Operasionalkan Golf Car   |   16:00 . Camat Palang: 40 Rumah di Panyuran Terdampak Banjir Bandang   |   14:00 . 524 Lembar Surat Suara Pilkada Rusak   |   12:00 . BMKG: Hari Ini Sebagian Tuban Berawan dan Hujan Ringan   |   12:00 . Kualitas Beras BPNT di Kecamatan Tuban Dicek Rutin   |   11:00 . Tanggul Jebol, Puluhan Hektar Tanaman Padi di Rahayu Rusak   |   08:00 . Pererat Silaturrahim, DPRD Tuban Gelar Media Gathering   |   19:00 . Pria Tangerang Ditemukan Meninggal Dunia Tanpa Busana di Hotel Tuban   |   18:00 . Paduan Suara Kopri Ronggolawe Raih Juara Satu, Lomba Unjuk Bakat Harlah Kopri   |   14:00 . Kerajinan Pelepah Pisang Tuban Diekspor ke Eropa   |   11:00 . Banser Tuban Satu Komando Ikuti Apel Kebangsaan Daring   |   10:00 . Ganjar Pranowo Turun Gunung Ajak Kader Banteng Menangkan Setia Negara   |   08:00 . Mas Safuan, Wartawan yang Tak Henti Menulis Itu Berpulang   |   14:00 . Presiden BEM Unirow Ajak Masyarakat Jangan Sepelekan Covid-19   |   13:00 . Semangat Perubahan Menuju Organisasi Modern, PSMTI Jatim Gelar Musprov IV   |  
Tue, 01 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 13 June 2019 13:00

Tangani Anak Punk, ini yang Dilakukan Dinsos

Tangani Anak Punk, ini yang Dilakukan Dinsos


Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Beberapa saat terakhir ini, sering ditemukan anak punk atau anak jalanan yang berkeliaran di Tuban. Menangapi perihal hal tersebut, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Tuban,  mebeberkan skema penangan anak punk dan anak jalanan.

Staf bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Duwit Tantono mengatakan, ada beberapa tahapan menangani permasalahan anak punk atau anak jalanan. Setelah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengamankan anak punk atau anak jalan tersebut dan diserahkan ke Dinsos PPPA.

"Setelahnya,  akan dibawa ke Rumah Perlindungan Semester Penyadang Masalah Kesejahteraan Sosial (RPSP) Dinsos PPPA,"ungkap Duwit.

Selanjutnya, pihakanya akan melakukan pendataan juga diberikan motivasi pembinan,  dengan tujuan meberi efek jerah.

"Juga yang rambutnya gondrong dan bajunya compang - camping akan kita cukur dan kita beri baju yang lebih layak,"ungkapnya.  

Setelah dilakukan pendataan, apabila anak punk atau anak jalan berasal dari Tuban dan masih memiliki orang tua.  Pihaknya akan memanggil orang tua tersebut.

Nantinya, orang tua dan anak akan dipertemukan dan diberikan pembinan, sebelum dipulangkan anak tersebut harus membuat suarat pernyataan  untuk tidak turun kejalanan dan bertanda tangan. 

"Intinya, agar anak tersebut tidak turun ke jalanan lagi,"ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk anak punk atau anak jalanan yang bersal dari luar kota tapi masih memiliki orang tua,  pihaknya akan mengantarnya dan menyerahkannya kepada orang tuanya langsung.

Sedangkan, untuk anak punk atau anak jalanan, yang asal usulnya tidak jelas dan sudah tidak memiliki orang tua. 

Dinsos PPPA akan memberikan saran kepada  anak tersebut, untuk mengikuti pelatih yang berada di panti sosial yang berlokasi di Surabaya dan Bojonegoro secara gratis.

"Kami menyarankan kemereka untuk ikut pelatihan,  agar mereka tidak krmbali ke jalanan lagi,"ungkaplanjutnya. 

Nantinya, anak tersebut akan berada di panti sosial selama 4- 6 bulan,  setelah lulus dari panti tersebut. Dinsos PPPA masih tetap memantau,  dengan menitipakan anak tersebut kepada tempat usaha.
"Agar mereka, belajar bekerja,"tandasnya. [nid/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : anak, punk, jalan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more