Tahun 2020 Seluruh Puskesmas Tuban Ditingkatkan Jadi BLUD

 Reporter : Ali Imron

 blokTuban.com – Baik. Itulah predikat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk puskesmas terakreditasi di Kabupaten Tuban. Capaian ini diminta Bupati Tuban Fathul Huda ditingkatkan menjadi predikat sangat baik.

 Bupati asal Montong ini menekankan, perlunya peningkatan angka harapan hidup di wilayahnya. Saat ini angka harapan hidup manusia di Indonesia di usia 70,06 tahun.

“Salah satu caranya dengan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat ,” ucap Bupati Huda dalam acara Halal Bihalal di Dinkes Tuban, Rabu (12/6/2019).

 Tenaga medis diimbau agar terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Dalam melayani masyarakat harus mengedepankan kasih sayang dan ikhlas. Hal ini sebagai bentuk pengabdian terhadap tanggung jawab.

Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo, menerangkan dari 33 puskesmas sebanyak 32 puskesmas telah terakreditasi. Kurang lebih tujuh puskemas terakreditasi utama, dan 25 puskesmas terakreditasi madya.

Puskesmas yang belum terakreditasi adalah Puskesmas Jatirogo yang saat ini tengah dikembangkan menjadi RSUD R Ali Manshur. Harus menunggu selesainya pembangunan dan dilengkapinya sarana dan prasarana medis.

Ditargetkan pada akhir 2019 telah terakreditasi semuanya. Mulai tahun 2020 secara bertahap seluruh Puskemas akan ditingkatkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

 “ Tujuannya agar pelayanan kesehatan di masyarakat dapat semakin ditingkatkan,” tutupnya. [ali/ito]