13:00 . Tuban Butuh Data Terpadu Kemiskinan, Petugas Survei Harus Jujur   |   12:00 . Besok, Listrik Sekitar RSUD Tuban Padam 4 Jam   |   11:00 . Air Mineral Kemasan Mini Jadi Tren Suguhan Masyrakat   |   10:00 . Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM RI, Kunjungi WAE Lapas Tuban   |   09:00 . Sampah di Desa Ini Dipakai Bayar Asuransi   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   16:00 . Nelayan Tuban Ikuti Seminar Kebersihan Laut dan UKM   |   15:00 . Tudingan Penggelembungan Suara Pilpres, Ini Tanggapan KPU   |   14:00 . Struktural BPD Pongpongan Terbentuk, Ini Komitmennya   |   11:00 . TNI Polri dan Masyarakat Tuban Deklarasi Tolak Kerusuhan   |   10:00 . Sejumlah Progres Kilang Tuban Setelah Kunjungan Pemprov Jatim   |   09:00 . Diskoperindag Canagkan Program Berantas Rentenir   |   08:00 . Ini Komentar Warga Soal Jembatan Tuban-Bojonegoro   |   07:00 . 3 Rumus Jalani Lebaran Sehat   |   19:00 . Meski Kalah, Strategi akan Diterapkan di Liga 2   |  
Mon, 17 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 12 June 2019 19:00

Musim Hajatan, Jasa 'Rewang' Kebanjiran Job

Musim Hajatan, Jasa 'Rewang' Kebanjiran Job *Foto ilustrasi.

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca Lebaran, Hari Raya Idul Fitri yang sepekan berlalu, musim hajatan mulai dari pernikahan, khitan juga giat temu silaturahmi keluarga besar tengah marak beredar di berbagai wilayah, khususnya Kabupaten Tuban.

Dampaknya, jasa pekerja bantu acara atau sering disebut dengan 'rewang' banyak kebanjiran job.

Orang-orang yang termasuk pekerja rewang sendiri merupakan suatu kesibukan yang tak tentu. Artinya hanya bekerja jika sedang musim hajatan. Kendati begitu, hasil kerja membantu meringankan beban acara hajatan nan super sibuk dan padat itu, bisa meraup rupiah yang cukup lumayan.

Salah seorang rewang asal Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Mini (48) mengaku sangat sibuk mengatur jadwal job yang telah dipesan tuan rumah jauh-jauh hari. Bahkan sebelum lebaran tiba, dia sudah terjun pada 2 acara nikahan malam 9 yang lalu.

"Ya begitu, musim hajatan ya musim kerja bagi rewang. Kuwalahan juga kalau yang punya acara gak pakai jasa rewang," katanya kepada blokTuban.com sembari menunjukkan mimik sumringah sebab kebanjiran job, Selasa (11/6/2019).

Masih kata Mini, tawaran jasa membantu di acara hajatan tak hanya dari dalam desanya saja. Namun desa-desa sekitar pun juga tak luput dari jasa para rewang.

Soal harga jasa, dia mengaku mendapat hasil bervariasi. Mulai dari Rp200 ribu sampai hajatan usai, sampai Rp350 ribu jika empunya hajat tergolong orang punya.

Tak cukup sampai disitu, selain uang ia bersama rekan rewang lain juga mendapat aneka macam bingkisan sejenis sembako dari tuan rumah.

"Dari malem songo sampai bulan ini sudah dapat 6 tawaran jadi rewang. Yang 3 sudah, sisanya hari ini dan pertengahan bulan," imbuhnya.

Ya, tentu bisa dibayangkan jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh pelaku jasa rewang. Tinggal menghitung dan mengaligandakan jumlah upah dan banyaknya job.

Sementara itu, seorang pengguna jasa rewang di Kecamatan Singgahan mengaku sangat terbantu oleh hadirnya sejumlah pekerja yang ada di acar hajatan.

Meskipun tak sedikit uang yang dirogoh untuk menukar jasa keringat pekerja, namun efisiensi kerja dan kesuksesan acara adalah segalanya.

"Kita kalau mau panggil jasa rewang juga gak sembarangan, harus punya kemampuan yang baik dalam pekerjaan," ujar Yati. [feb/rom]

Tag : jasa rewang, rewang, hajatan, musim hajatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more