14:00 . Pemkab Dukung Kegiatan Survei Seismik 3D PHE TEJ di Tuban   |   13:00 . Tuban Butuh Data Terpadu Kemiskinan, Petugas Survei Harus Jujur   |   12:00 . Besok, Listrik Sekitar RSUD Tuban Padam 4 Jam   |   11:00 . Air Mineral Kemasan Mini Jadi Tren Suguhan Masyrakat   |   10:00 . Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM RI, Kunjungi WAE Lapas Tuban   |   09:00 . Sampah di Desa Ini Dipakai Bayar Asuransi   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   16:00 . Nelayan Tuban Ikuti Seminar Kebersihan Laut dan UKM   |   15:00 . Tudingan Penggelembungan Suara Pilpres, Ini Tanggapan KPU   |   14:00 . Struktural BPD Pongpongan Terbentuk, Ini Komitmennya   |   11:00 . TNI Polri dan Masyarakat Tuban Deklarasi Tolak Kerusuhan   |   10:00 . Sejumlah Progres Kilang Tuban Setelah Kunjungan Pemprov Jatim   |   09:00 . Diskoperindag Canagkan Program Berantas Rentenir   |   08:00 . Ini Komentar Warga Soal Jembatan Tuban-Bojonegoro   |   07:00 . 3 Rumus Jalani Lebaran Sehat   |  
Mon, 17 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 12 June 2019 17:00

Anak Desa, Karyawan Pabrik, yang Lolos Komisioner KPU

Anak Desa, Karyawan Pabrik, yang Lolos Komisioner KPU

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Perawakannya tergolong tinggi besar. Cara bicaranya kalem. Dia akan sedikit menaikan intonasi suara pada hal-hal yang menurutnya penting saat berbicara. Karyawan pabrik itu dengan telaten menjawab pertanyaan kami satu persatu.

"Saya anak petani, lahir dan besar sampai sekarang tinggal di desa. Sampai sekarang selain kerja sebagai karyawan saya juga masih bertani di desa," katanya mengawali perbincangan.

Namanya, Moh Nurokhib, lahir 12 April 1989 silam. Lahir dan juga tinggal di RT 06 RW 01 Desa Temaji. Sebuah desa yang berjarak sekitar 20 kilometer di sisi barat kota Tuban, tepatnya di wilayah administratif Kecamatan Jenu.

Hari ini, Rabu (12/6/2019), Rokib, begitu dia disapa, mendapat kabar istimewa. Jerih payahnya selama berbulan-bulan akhirnya membuahkan hasil. Dia dinyatakan lolos sebagai salah satu komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban setelah menyingkirkan ratusan pendaftar lain dari kota yang sama. Posisi yang cukup mentereng dan diidamkan banyak orang.

Proses cukup panjang dia lalui sebelum dinyatakan lolos sebagai salah satu komisioner KPU Tuban. Pria yang mendapat gelar sarjana dari STITMA Tuban itu haru mengikuti serangkaian tes yang melelahkan. Mulai dari tes administrasi, psikologi, kesehatan dan wawancara.

"Selain itu berkat doa dan dukungan dari keluarga juga sahabat-sahabat saya," jelas pria yang aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tuban selama mahasiswa.

Rokib merupakan pendatang baru di dunia penyelenggaraan Pemilihan Umum. Namanya bisa jadi belum setenar beberapa komisioner KPU yang juga dinyatakan lolos di Tuban. Selama ini dia lebih banyak aktif di kecamatan sebagai Pengawas Pemilu Kecamatan Jenu. Atau berkiprah sebagai Ketua Karang Taruna desa tempat dia tinggal.

"Saya memang orang desa Mas. Jadi selain karyawan juga lebih banyak melakukan kegiatan bersama warga dan pemuda desa," terang suami dari Nurul Febriyanti ini.

Hidup sebagai orang desa tidak menjadikan dia terbelenggu. Sejak dia mulai bekerja, bersama teman-temannya mendirikan Serikat Pekerja Nasional di perusahaan dengan dia yang dipercaya sebagai ketua. Dia juga tergolong aktif di kegiatan silat PSHT dan turut aktif di isu-isu industrialisasi karena desa yang menjadi ring 1 beberapa perusahaan besar.

"Saya akan terus belajar. Sebagai komisioner KPU adalah kepercayaan, tantangan, dan amanah baru yang harus saya jaga," tandasnya. [nid/ito]

Tag : komisioner, kpu, tuban, jenu, rokib

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more