15:00 . Umur Petugas Pilkada Maksimal 50 Tahun, Pertimbanganya Faktor Kesehatan   |   14:00 . Reklamasi Kilang Minyak di Tuban, Menteri Kelautan dan Perikanan: Jangan Sampai Mengganggu Nelayan   |   13:00 . BPBD Serahkan Bantuan Material untuk Penanganan Banjir Rob   |   12:00 . Restorasi Kilang Tuban Tinggal Lima Persen   |   11:00 . Dugaan Sementara, Mayat Bayi di Pantai Sengaja Dibuang   |   10:00 . Mayat Bayi Perempuan Ditemukan Tengkurap di Pantai Tuban   |   09:00 . Hadapi Tiga PSN, TPPI Siapkan Pemuda Terampil Bersertifikat BNSP   |   08:00 . Perdana, 'TABANA' Dikukuhkan Sebagai Madrasah Tangguh di Tuban   |   07:00 . 5 Cara Agar Lekas Move On dari Seseorang yang Ghosting Kamu   |   17:00 . Menteri Kelautan dan Perikanan Lepas Kontainer Ke-90 Ekspor Olahan Ikan   |   16:00 . Lebih Ramah Lingkungan, Warga Denpasar Coba Pertalite   |   15:00 . KBM Serentak 13 Juli, Ini Kata Kemenag Tuban   |   14:00 . Pertamina Pakai Sistem Konsinyasi Selesaikan Sisa Lahan Kilang GRR Tuban   |   13:00 . Seratus Persen Kilang GRR Tuban Olah Minyak dari Luar Negeri   |   12:00 . Bupati Resmikan Yayasan Al-Chusnaniyah Jadi Madrasah Tangguh   |  
Thu, 09 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 10 June 2019 16:00

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Jatim

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Jatim

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - BMKG kembali mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di Laut Utara Jawa bagian Timur. Gelombang tinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi mulai 10-13 Juni 2019 pukul 07.00 Wib.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak Surabaya, Taufiq Hermawan dalam keterangan tertulis yang diterima blokTuban.com, pada Senin (10/6/2019) menjelaskan, gelombang tinggi berawal adanya pola sirkulasi di Perairan Timur Laut Halmahera.

Pola angin di wilayah equator umumnya dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-15 Knot. Sedangkan di wilayah Selatan equator umumnya dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-25 Knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Pulau Enggano hingga Selatan Jawa, P. Sawu-P. Rote, Laut Timor, Perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, Perairan Kepulauan Semata-Kep. Tanimbar, Perairan Selatan Kep. Kei-Kep. Aru, Laut Arafuru, dan Perairan Yos Sudarso-Merauke.

"Kondisi ini menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut," ucap Taufiq.

Lebih dari itu, Taufiq berharap semua pihak memperhatikan risiko keselamatan pelayaran. Mulai dari perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 Knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter. Kapal Tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter). Sedangkan kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo dan Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

"Seluruh masyarakat dan pelayaran di sekitar Laut Jawa tetap selalu waspada," pintanya.

Adapun secara khusus kondisi di Laut Kabupaten Tuban, potensi gelombang tinggi berpeluang terjadi selama lima hari berturut-turut mulai 11-15 Juni 2019. Ketinggian gelombang kisaran 0,25-2,5 meter. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : BMKG, Cuaca, prakiraan cuaca, gelombang, gelombang laut tuban, tuban, laut



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more