21:00 . Pagelaran Wayang Kulit SI Tuban Hadirkan Sinden Hungaria   |   20:00 . Tingkatkan Pemasaran UMKM, PC Muslimat NU Tuban Gelar Pasar Rakyat   |   19:00 . Semarakkan HUT RI, Kecamatan Rengel Gelar Karnaval Besok   |   18:00 . Peringati HUT RI Ke-74, Bupati Tuban Bersama Forkompimda Gelar Berbagai Lomba   |   14:00 . Total Bonus Pelatih Porprov di Tuban Capai Rp148.5 Juta   |   14:00 . Usai Diajak Bapaknya Ngothel ke Jakarta, Begini Kondisi Si Anak   |   13:00 . BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi di Tuban Capai 4 Meter   |   12:00 . Jelang Pelantikan, Sekwan Lakukan Persiapan Teknis   |   11:00 . Demi Kilang TPPI, Pemerintah akan Kuasai Saham Tuban Petro 95,5 Persen   |   10:00 . Kapolres Tuban Kalahkan Bupati Urusan Nasi Goreng   |   09:00 . Bonus Atlet Porprov Rp495 Juta Cair   |   08:00 . Paduan Suara Asal Surabaya Raih Emas di Swedia, Satu Anggotanya Warga Tuban   |   07:00 . Menyikapi Dilema Anak Multilingual   |   20:00 . Disdik Ajak Kepsek Nobar Film Ayu Anak Titipan Surga   |   19:00 . Putra-putri Asal Papua Angkat Kapolres Tuban Jadi Bapak Asuh   |  
Sat, 24 August 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 08 June 2019 11:00

Gagasan Alam untuk TFA di Ngawun, ini Tujuannya

Gagasan Alam untuk TFA di Ngawun, ini Tujuannya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Satu bulan terakhir ini, dekat perbatasan antara Kecamatan Peranan dan Singgahan nampak sedikit berbeda. Terdapat spot santai nan alami yang bisa digunakan pengguna jalan untuk sejenak beristirahat dari lelahnya perjalanan. Tepatnya sekitar 10 meter sebelah timur pertigaan Desa Ngawun, Kecamatan Parengan, yang dijuluki TFA.

Sebuah ide untuk membuat Tabeplas Forest Area (TFA), yang saat ini memiliki luas hampir 1 hektar rupanya telah dikerjakan sekira 3 sampai 4 bulan terakhir secara bertahap.

"Sudah diberi izin sementara 2 hektar, tapi sementara ini baru digarap belum sampai setengahnya," papar Toni, warga setempat.

Lelaki yang mempunyai background Karang Taruna dan pegiat Kelompok Sadar Wisata ini menambahkan, proses pengerjaan TFA ini terbilang santai namun pasti. Satu bulan terakhir, sudah banyak teman yang merapat untuk bersama memunculkan ikon baru Desa Ngawun di jalanan Tabeplas.

Memang tak dipungkiri, Toni yang semula bersama 3 teman sepemikiran berkolaborasi dengan ide dan gagasan yang kuat. Alhasil dari awal bulan Suci Ramadan lalu, kawasan hutan Jati yang sebelumnya penuh belukar pelan-pelan dibersihkan.

3 unit gazebo sederhana menjadi awal gairah warga dan pemuda setempat mengulurkan simpati untuk desa. Mereka seirama berjalan, gotongroyong dengan dana suka rela, merombak lahan tersebutmenjadi spot santai untuk khalayak umum.

"Sementara ini dari pemuda dan warga, Perhutani juga mengizinkan. Dan secara pribadi, Kepala Desa Ngawun juga suport kita Mas," papar pemuda asli Desa Ngawun itu kepada blokTuban.com.

TFA sendiri nantinya dijadikan sebuah spot khusus untuk masyarakat umum. Ada taman bermain anak dan tempat santai yang terpisah dengan tempat jualan. Jadi, pengunjung bisa benar-benar santai, merasakan alam rindang, tanpa carut marut pedagang yang ramai.

"Semoga bisa berlanjut lebih baik. Tempat ini untuk semua orang, dan suatu saat yang menempati juga warga sendiri," pungkasnya. [feb/ito]

Tag : ngawun, tubamtfa, parengan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more