Tambah Produksi, Operator Giat Bor Sumur Baru

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Agar bisa menjaga produksi tetap stabil antara 2.200 Barel Per Hari (BPH) hingga 2.400 BPH, operator Pertamina EP Asset 4 Cepu Field bertambah giat untuk mencari sumber baru.

Yakni dengan melakukan pengeboran di beberapa titik. Sebab, sejauh ini dari 70 sumur yang aktif rata-rata masuk kategori tua. Walupun ada beberapa yang baru, namun jumlahnya tidak banyak.

Sumur minyak yang dikelola Cepu Field ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Provinsi Jatim serta Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Cara untuk mempertahankan produksi agar tidak terlalu banyak turun dan bahkan bisa naik, yakni dengan mengebor sumur baru,” terang Productions & Operations Asmen, Pertamina EP Cepu Field, Ardi kepada blokBojonegoro.com.

Menurutnya, sumur yang produksi minyak bagus adalah kategori sumur baru. Sedangkan yang sumur lama, masih tetap keluar, walaupun tidak signifikan.

Selain mengebor baru, upaya lain dengan menjaga sumur lama tetap dalam kondisi baik. Yakni, melakukan pembersihan berkala dan tetap meminimalisir gangguan.

Karena, di operasi Migas harus benar-benar teliti. Sebab, gangguan bisa saja dari luar sumur maupun dalam sumur. Semisal masalah listrik, dalam sumur macet dan lain-lain.

“Semuanya harus terus dijaga agar tetap dalam kondisi baik,” pungkasnya. [ito/lis]