Jelang Mudik Lebaran, Ratusan Pengemudi Angkutan Umum Dites Urine

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, petugas gabungan dari BNNK, Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Tuban melakukan tes urin kepada ratusan pengemudi, kernet, dan kondektur angkutan umum, Sabtu (25/5/2019).

Kegiatan Operasi Simpatik Bersih Narkoba yang melibatkan puluhan personel tersebut digelar di Terminal Kambang Putih Tuban, yang turut dihadiri oleh Kepala BNNK Tuban serta Kapolres Tuban.

Pantauan di lapangan, selain melakukan tes urine, kegiatan itu jajaran Polres dan Dishub Tuban juga memeriksa barang-barang milik penumpang, kelengkapan-kelengkapan kendaraan serta kelayakan kendaraan jelang mudik.

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana saat dikonfirmasi  menyampaikan, operasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan keselamatan kepada penumpang menjelang arus mudik.

"Ada sebanyak 100 sampling pengemudi angkutan umum yang kita lakukan tes urine, dan hasinya negatif semua," jelas Kepala BNNK Kabupaten Tuban.

Menurutnya, kegiatan ini bersifat preventif pencegahan, sehingga diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan tes urin ini bisa memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada para penumpang.

"Intinya, pada kegiatan ini kita ingin memberikan kenyamanan kepada para penumpang," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menambahkan, dalam kegiatan ini selain pengemudi dan kondektur dites urine. Barang bawaan penumpang, surat-surat dan kelayakan kendaraan juga dilakukan pengecekan.

"Selain tes urin, kita juga melakukan pengecekan terhadap barang bawaan penumpang, surat-surat kendaraan serta kelayakan kendaraan. Dan tidak ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas Kapolres Tuban.[hud/ito]