19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Mon, 27 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

FKUB Tuban Gelar Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama

bloktuban.com | Wednesday, 22 May 2019 22:00

FKUB Tuban Gelar Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Sejumlah kelompok dan elemen masyarakat di bawah naungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tuban menggelar acara rapat rutin dan buka bersama lintas iman, Rabu (22/5/2019). Acara ini berlangsung khidmad di  Plaza Ikan, Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban.  

Acara tersebut dihadiri sejumlah elemen dan tokoh lintas agama di antaranya tokoh dari 6 agama dan sejumlah instansi terkait seperti Kesbangpol, Kemenag, Polres dan Kepala Desa setempat.

Ketua FKUB Tuban, KH. Masduqi mengatakan, sedari awal, kehidupan beragama di wilayah Tuban penuh toleransi. 

Menurutnya, kebersamaan dalam berbuka puasa dengan tokoh dari berbagai latar belakang agama tersebut memiliki tujuan untuk menghilangkan stereotipe yang muncul karena tidak saling memahami serta guna melawan radikalisme yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

Pertemuan ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan untuk hubungan harmonis antara umat beragama di Indonesia. "Masih banyak ruang diskusi dan pertemuan lain tokoh lintas agama," ungkap Masduqi

Sementara itu Kepala Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto mengatakan, keberadaan FKUB sangat penting maka kerukunan harus di jaga intern dan antar umat beragama. Mantan Camat Tambakboyo ini mencontohkan masalah klenteng yang tak kunjung selesai. 

"Insyaallah setelah Lebaran akan kita ajak komunikasi lagi pengurus klenteng beserta FKUB dan instansi terkait," ungkap Didik. 

Dalam kesempatan ini FKUB Tuban menyatakan sikap menolak dan mengutuk segala bentuk kekerasan pasca Pemilu yang menyebabkan rakyat menderita, dan ketakutan yang di sebabkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, serta mendukung penuh pemerintah beserta TNI/POLRI. 

Di temui secara terpisah Kepala  Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, mengajak semua komponen masyarakat untuk saling toleransi antar umat beragama. Hal tersebut sangat penting dilakukan guna menjaga keutuhan NKRI.

"Saling menghargai satu sama lain harus kita lakukan sebagai makhluk Tuhan," ungkapnya. 

[nid/col]

Tag : FKUB, buka, puasa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more