Jelang Mudik Lebaran, Berikut Persiapan Dishub

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Fenomena mudik menjelang hari raya Idul fitri akan terjadi sebentar lagi, dan sudah merupakan agenda tahunan. Dalam perjalannya selalu ada hal yang tak tekterduga seperti kemacetan dan kecelakaan. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban sudah mulai melakukan berberapa persiapan jelas arus mudik tahun ini.

Kasi manajer rekayasa lalulintas, Dishub Tuban, Y. Imam Isdarmawan mengatakan, menjelang mudik lebaran pihaknya telah melakukan berberapa persiapan diantaranya survey jalur alternatif untuk pengalihan arus jalur pantura (nasional) dan jalur provinsi, apabila tejadi kemacetan pada jalur tesebut.

Kemudian perbaikan alat perlengkapan jalan (rambu lalu lintas, traffic light) agar berfungsi normal untuk mendukung arus mudik.

Selain itu juga persiapan baner-bener himbauan dan rute jalur alternatif, dilanjutkan akan melaksanakan rapat forum LLAJ fokus tentang penyelenggaraan angkutan lebaran di wilayah Kabupaten Tuban, dan juga Persiapan pendirian posko angkutan lebaran di terminal wisata Tuban.

"Itu beberapa hal yang kami persiapkan jelang mudik lebaran," ungkap Imam.

Lebih lanjut, untuk Dishub nantinya akan mebuka 2 posko, yaitu kantor induk dan terminal Tuban.

Sedangkan yang tergabung dengan posko dari polres ada 4 titik yaitu Wisata pantai boom, Rest area, Temangkar dan Bulu.

Ia menambahkan, untuk wilayah Tambakboyo yang biasanya terjadi kepadatan lalulintas karena ada pasar tumpah, pihaknya akan berkoordinasi dengan Porles dan Polsek Tambakboyo selaku pemangku wilayah terkait.

Ia berharap untuk tahun ini arus mudik berjalan aman, lancar dan nyaman disertai dengan penurunan angka kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. "Semoga angka kecelakaan menurun pada tahun ini," ungkapnya. [nid/rom]