18:00 . Peduli Pendidikan, SIG Bangun Fasilitas Sekolah   |   07:00 . 7 Tanda Seseorang Menyukai Kita yang Sering Tak Disadari   |   17:00 . Final, Rekom PAN untuk Setiajit   |   15:00 . Dinsos Bersama Suppliyer Perketat Pengawasan Produk Lokal   |   13:00 . DPD PPDI Tuban Dikukuhkan   |   12:00 . BUMD RSM Libatkan Peternak Lokal Suplai Daging BPNT   |   11:00 . Tak Punya Kuota Internet, PC Ansor Tuban Siapkan WiFi Gratis untuk Anak Sekolah   |   10:00 . Hari Pramuka ke-59, Kwaran Pramuka Montong Upacara di Api Abadi Maindu   |   09:00 . Mulai 18 Agustus, SMA-SMK Uji Coba Tatap Muka   |   08:00 . Kapolsek Sebut Kasus Daging Busuk BPNT Bisa Diproses Hukum   |   07:00 . Mengapa Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Turun?   |   20:00 . Dirjen Bimas Budha Kemenag: Tempat Ibadah Jangan Ditutup   |   19:00 . Pemerintah Anggarkan Rp3,8 Triliun untuk Pulihkan Sektor Pariwisata   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG di Tuban Meningkat Saat Adaptasi Kebiasaan Baru   |   17:00 . Daging BPNT Busuk Diganti Layak Konsumsi   |  
Sun, 16 August 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 05 May 2019 21:00

Pantai Sunan Bonang Dibuka Tanpa Izin, Pokdarwis Desa Sugihwaras Protes

Pantai Sunan Bonang Dibuka Tanpa Izin, Pokdarwis Desa Sugihwaras Protes

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban memprotes dibukanya tempat wisata baru Pantai Sunan Bonang yang berlokasi di Pantai Cemara desa setempat.

Aksi protes itu dilakukan lantaran dengan dibukanya tempat wisata baru atas nama pribadi tersebut tidak meminta izin dari pihak desa. Sehingga, pengelola serta para pedagang yang sudah bertahun-tahun menempati area Pantai Cemara merasa dirugikan.

Ketua Pokdarwis Desa Sugihwaras, Arif mengatakan, permasalahan ini berawal saat pemilik sebagian tanah di sepanjang pantai Desa Sugihwaras membuka tempat wisata baru bernama Pantai Sunan Bonang yang dikelola perseorangan.

Padahal, dari hasil hearing beberapa waktu lalu pemilik sebagian tanah disepanjang pantai Sugihwaras itu belum diperbolehkan untuk membuka tempat wisata baru sebelum adanya kesepakatan bersama pihak desa dan Pokdarwis.

"Dari awal memang pemilik sebagian tanah ini ingin mengelola wisata sendiri tanpa melibatkan desa. Namun tidak ada titik temunya karena pihak desa berharap pengelolaan dilakukan dengan kerjasama," terang Arif saat ditemui di lokasi pantai, Minggu (5/5/2019).

Namun, hal itu tidak dihiraukan oleh pemilik tanah yang memaksa untuk segera membuka tempat wisata baru. Hal itu yang membuat para pengelola sempat protes yang kemudian ditengahi oleh aparat untuk menggelar hearing.

"Mis komunikasi ini sudah bisa diselesaikan dengan cara hearing hari ini," terang Arif.

Dia menyebutkan, untuk luasan tanah yang ada disepanjang pantai Desa Sugihwaras ini ada sekitar 9 hektare lebih, dengan rincian sekitar 4,2 hektar milik perseorangan dan sisanya milik khas desa.

Sementara itu, pemilik tanah yang enggan disebutkan namanya itu menyatakan, pihaknya tetap membuka Wisata Pantai Sunan Bonang hari ini. Untuk hasil hearing bersama desa dan Pokdarwis hari ini telah disepakati.

"Alhamdulillah dengan syukuran ini sudah mulai kita buka Pantai Sunan Bonang hari ini. Untuk hasil hearing tadi kita sepakati untuk tenaga kerja 80 persen warga sini dan 20 persen warga luar," pungkas pria berumur sekitar 45 tahun itu.[hud/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pokdarwis, pantai



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more