20:00 . Gudang Garam dan Grabagan Jadi Klaster Baru   |   15:00 . Umur Petugas Pilkada Maksimal 50 Tahun, Pertimbanganya Faktor Kesehatan   |   14:00 . Reklamasi Kilang Minyak di Tuban, Menteri Kelautan dan Perikanan: Jangan Sampai Mengganggu Nelayan   |   13:00 . BPBD Serahkan Bantuan Material untuk Penanganan Banjir Rob   |   12:00 . Restorasi Kilang Tuban Tinggal Lima Persen   |   11:00 . Dugaan Sementara, Mayat Bayi di Pantai Sengaja Dibuang   |   10:00 . Mayat Bayi Perempuan Ditemukan Tengkurap di Pantai Tuban   |   09:00 . Hadapi Tiga PSN, TPPI Siapkan Pemuda Terampil Bersertifikat BNSP   |   08:00 . Perdana, 'TABANA' Dikukuhkan Sebagai Madrasah Tangguh di Tuban   |   07:00 . 5 Cara Agar Lekas Move On dari Seseorang yang Ghosting Kamu   |   17:00 . Menteri Kelautan dan Perikanan Lepas Kontainer Ke-90 Ekspor Olahan Ikan   |   16:00 . Lebih Ramah Lingkungan, Warga Denpasar Coba Pertalite   |   15:00 . KBM Serentak 13 Juli, Ini Kata Kemenag Tuban   |   14:00 . Pertamina Pakai Sistem Konsinyasi Selesaikan Sisa Lahan Kilang GRR Tuban   |   13:00 . Seratus Persen Kilang GRR Tuban Olah Minyak dari Luar Negeri   |  
Fri, 10 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 03 May 2019 19:00

Tahap Eksplorasi, Begini Rencana Proyek Pengeboran WMA-1 Jegulo

Tahap Eksplorasi, Begini Rencana Proyek Pengeboran WMA-1 Jegulo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca sosialisasi kepada masyarakat Desa Jegulo, Kecamatan Soko, Pertamina Hulu Energi (PHE) Tuban East Java  segera melakukan proyek pengeboran.

Pada tahapan ini yang termasuk dalam fase eksplorasi, Operasional Manager PHE, Riko Medya Putra usai perkenalan manajemen perusahaan, mengungkapkan langkah-langkah pengeboran eksplorasi West Mudi A (WMA) -1 Jegulo.

"Kita akan lakukan besok, selama dua bulan," papar Riko kepada blokTuban.com, Jumat (3/5/2019).

Lebih lanjut, pengerjaan besok dilakukan dengan pembuatan jalan, akses menuju lokasi. Hal tersebut juga meliputi pembuatan jembatan, dan pelebaran jalan.

Selanjutnya, pemilihan menara bor dan peralatan yang sesuai dengan tanah pengeboran disertai pemasangan alat bantu, seperti jaringan telekomunikasi, air, listrik dan lainnya akan mengikuti.

"Kalau untuk perkiraan jumlah cadangan Migas, kita belum bisa tentukan. Sebab kita masih dalam tahap eksplorasi," pungkasnya.

Pakar Geologis PHE, Muhajir, dalam tahap rencana pengeboran tersebut juga merinci bagaimana konsentrasi tim dengan timeline jadwal pengeboran yang akan berlangsung.

Pertama, yakni pada bulan Juni 2019 ini dilakukan kegiatan mobilisasi. Lalulalang kendaraan berat diharapkan bisa termaklumi serta dimengerti oleh masyarakat. Kemudian, tancap sumur dilakukan di akhir Juli 2019. Dan di sini sudah dimulai pengeboran selama kurang lebih 60 hari.

"Setelah 2 bulan itu, di bulan Agustus kita akan mencoba memprediksi, memperkirakan bagian permukaan tanah apakah ada minyak atau tidak, dengan uji tes," terang Muhajir.

Selanjutnya, pada akhir September 2019 akan ada lalu lalang peralatan berat lagi. Empat tahapan ini akan menjadi konsen bersama, baik dari perusahaan maupun masyarakat.

"Mohon kerjasama dan bantuan bapak dan ibu sekalian," harapanya.

Disamping itu, proyek kali ini merupakan tahap eksplorasi. Dalam sistem pengerjaan, ada tiga tahap, yakni Eksplorasi, Pengembangan, dan Produksi. Tak ayal jika pada tahap eksplorasi kali ini memiliki resiko besar, sebab membuka lahan baru memiliki hasil spekulasi yang tinggi.

"Doa dan kerjasama warga masyarakat, diharapkan betul untuk mendukung proyek pemerintah ini. Sebab, hasil pengolahan Migas nantinya juga diperuntukkan oleh negara dan masyarakatnya sendiri," jelasnya. [feb/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : migas, migas tuban, jegulo



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more