Temukan Sensasi Alami Jelajah Perbukitan Wukirharjo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Lepas dari rutinitas kerja, bepergian mencari tempat baru nan alami, kiranya dapat mengisi corak warna sehari-hari dalam beraktivitas. Salah satunya bisa kita lakukan dengan menjelajahi kawasan lingkungan yang masih terjaga alamya, seperti di perbukitan Wukirharjo ini misalnya.

Selain memiliki wana wisata pemandian air hangat Prataan, Desa Wukirharjo Kecamatan Parengan juga memiliki jalur khas natural yang begitu cocok untuk masyarakat yang doyan traveling, mencari pemandangan alam lepas pedesaan.

Jalur tersebut dapat ditempuh dengan berbagai rute. Bisa lewat jalanan area Pemandian Prataan, atau juga bisa menyusyri jalur atas perbukitan Grabagan-Soko sebelah utara. Jika berangkat dari pusat kota Tuban, perjalanan yang ditempuh sekitar 35 Km dengan estimasi waktu kurang dari 1 jam.

Selama perjalanan, khususnya memasuki wilayah perbukitan, anda akan disajikan bukit-bukit yang menjulang dengan kontras hijau pepohonan, tradisi kuning lahan pertanian. Sesampainya di Perbukitan Wukirharjo, kita terasa dikelilingi bukit. Sebab saat telah merasakan itu, sejatinya anda sedang berada di jalur tengah bukit.

"Disini memang pemandangannya perbukitan sama sawah. Tapi kalau Sabtu Minggu sore banyak anak-anak muda yang main lewat sini," kata Ratman, warga petani sekitar perbukitan Wukirharjo, Sabtu (27/4/2019).

Ditambahkannya lagi, tak jarang beberapa kelompok, seperti komunitas sepeda motor yang mampir dan mengambil foto berlatar belakang pemandangan alam di sana.

"Kendalanya, paling juga jalan yang kurang mulus saja kalau kesini Mas," pungkasnya sembari berpesan hati-hati lewat jalan tersebut, sebab medan jalanan perbukitan cukup curam dan tak rata.

Memang, keadaan jalanan perbukitan disana terbilang sempit dan tak mulus. Jika ingin kesana pun, lebih disarankan bersepeda ataupun mengendarai sepeda motor. [feb/ito]