SMPN 6 Tuban Komit Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Kabupaten Tuban mendeklarasikan menjadi sekolah ramah anak, Jumat (26/4/2019). Deklarasi yang dilaksanakan di halaman sekolah turut diikuti oleh 789 siswa, guru serta seluruh karyawan di SMPN 6 Tuban.

Pembukaan kegiatan deklarasi ditandai dengan pemukulan kentongan secara bersama-sama oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Kepala Sekolah serta seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid menjelaskan, launching sekolah ramah anak pada dasarnya adalah bagian dari kabupaten layak anak (KLA). Sekolah dimungkinkan menjamin seluruh hak-hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan dengan nyaman, baik secara fisik, lingkungan maupun psikologi. 

"Kami mengapresiasi adanya kegiatan deklarasi ini, sehingga diharapkan tidak terjadi bullying antar siswa," terang Nur Khamid. 

Lebih lanjut, sekolah ramah anak ini akan di terapkan dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai dengan Sekolah Menegah Atas (SMA)/sederajat. Tujuannya untuk memberikan rasa senang kepada peserta didik, di samping itu guru juga bisa lebih nyaman.

"Sekolah adalah lembaga pendidikan, jadi upaya-upaya mendidik harus ditonjolkan bukan menghukumnya tapi mendidiknya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 6 Tuban, Fathul Muin mengungkapkan, deklarasi ini sebagai momentum untuk mewujudkan SMPN 6 Tuban menjadi sekolah ramah anak.

"Tahun ini kita berkomitmen untuk menyelenggarakan sekolah ramah anak. Dengan begitu, saya harap hal ini mendapatkan dukungan dari semua pihak termasuk guru maupun murid," pungkasnya. [hud/col]