Job Market Fair 2019, Tawarkan 1400 Lowongan Pekerjaan

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tuban menyelengarakan Job Market Fair 2019, total ada 1400  lowongan kerja dari 54 perusahaan. Berlokasi di BLK Tuban jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Job market fair 2019 dilakasanakan satu hari hingga pukul 15.00 sore ini.

Kepala UPT BLK Tuban, Siswanto, mengatakan salah satu unit pelakasan teknis di Tuban di bawah naungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur (Jatim) salah satu tugas pokok fungsinyanya pelayanan masayarakat dalam pelatihan, baik berupa pelatihan, penepatan dan sertifikasi. Di dalam bidang penempatan salah satunya  kegiatannya Job Market Fair dengan tujuan untuk mepertemukan antara perusahaan yang mebutuhan tenaga kerja dan pencari kerja yang membutuhkan kerjaan.

"Akhirnya linking in help tejadi," ungkap Siswanto. 

Lebih lanjut, adanya kegiatan ini bertujuan untuk  mepermudah tenaga kerja bertemu perusahaan dan juga agar masyarakat tahu bawasanya pemerintah peduli terhadap mereka khususnya yang masih belum mendapatkan pekerjaan. Hal ini sesuai dengan program dari gubenur Jatim yaitu Jatim kerja untuk meperluas lapangan pekerjaan.

Ada beberapa perusahaan yang mengadakan tes interview langsung hari ini dan ada juga yang besok. Total ada  52 perusahaan, di antaranya dari Tuban ada 26 perusahaan, Surabaya 9 perusahaan, Lamongan 2 perusahaan, Gersik 1 perusahaan, Bojonegoro 4 perusahaan, Sidoarjo 2 perusahaan dan Jakarta 1perusahaan. Dan totalnya ada 1400 lowongan. 

Ia berharap, program - program seperti ini akan terus belanjut di tahun - tahun berikutnya dan mungkin  dalam PAPBD bisa diberikan satu kegiatan lagi sehingga tingkat pengangguran di Tuban bisa berkurang terus,  menginat sebentar lagi akan lulusan SMK/SMA tingkat pengangguran akan meningkat lagi. 

"Sudah hukum kalau ada lulusan SMK/SMA jumlah penganguran akan meningkat," ungkapnya. [nid/col]