20:00 . Konsulat Jenderal Jepang Resmikan Bantuan Pendidikan di Tuban   |   19:00 . Agustus, Perajin Mobil Hias Kebanjiran Pesanan   |   18:00 . Akhirnya, Pesepeda Tuban-Jakarta Balik ke Kampung Halaman   |   17:00 . 2.620 KK 4 Desa di Kecamatan Senori Terdampak Kekeringan   |   16:00 . Nelayan Tuban Larung Bekakak, Ini Filosofinya   |   15:00 . PT LIB Tunda Tiga Pertandingan, Salah Satunya Persewar Lawan Persatu   |   14:00 . Kapolres Siap Jaga Putra-putri Papua   |   13:00 . 29 Tim Berebut Piala Temaji Cup I Bola Voli U18 dan U16   |   12:00 . Pesan Damai dari Tuban untuk Indonesia   |   11:00 . Pasca Digeruduk Ratusan Pekerja, Begini Pernyataan PT. SBI   |   10:00 . Kapolres Jamin Keamanan Putra-Putri Papua Yang Menempuh Pendidikan di Tuban   |   09:00 . Pria di Sumberagung Nekat Gantung Diri Saat Ditinggal Istri Belanja   |   08:00 . Buruh Demo Tolak Upah Murah   |   07:00 . Balita Konsumsi Suplemen Vitamin, Perlu Enggak Sih?   |   20:00 . Ritual Kyai Mancung di Tuban, Dulu Kerbau Kini Sapi   |  
Thu, 22 August 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 12 April 2019 08:00

Kuliah Umum, Ma’had Aly Al Hasaniyyah Datangkan Ulama Madinah

Kuliah Umum, Ma’had Aly Al Hasaniyyah Datangkan Ulama Madinah

Reporter: Rofiq

blokTuban.com - Ma’had Aly Al Hasaniyyah, Senori, Kamis (11/4/2019) menyelenggarakan kuliah umum dengan pembicara Habib Hasan bin Ahmad al-Kaf dari Madinah, Arab Saudi.

Para hadirin tampak antusias mengingat Habib Hasan adalah ulama muda yang produktif melahirkan karya dalam bidang keislaman.

Bertempat di Aula Al Hasaniyyah, acara yang dimulai pukul 09.00 ini dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat dan santri di Kecamatan Senori dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Mudir Ma’had Aly Al Hasaniyyah, KH. Abdullah Hasyim, sangat berbahagia atas terselenggaranya kuliah umum ini. Beliau menekankan perihal pentingnya konsistensi ilmu dan amal bagi seseorang.

“Seorang intelektual harus konsisten antara ilmu dan amalnya. Melalui ilmu yang dimiliki, seorang harus berperan secara positif bagi masyarakat,” tutur beliau.

Sementara kuliah umum oleh Habib Hasan disampaikan menggunakan Bahasa Arab dan dialihbahasakan agar memudahkan bagi para hadirin.

Dalam paparan Habib Hasan, beliau menjelaskan secara detail tentang ilmu dan juga korelasinya dengan sikap kasih sayang.

Bagi Habib Hasan, di antara ciri orang yang berilmu adalah adanya jiwa kasih sayang dan penuh hormat kepada sesama. Bahkan beliau menyebut “kullama yazdad ilmuka yazdad rohmatuka linnas” (semakin bertambahnya keilmuanmu, seharusnya semakin pula bertambah rasa kasih sayangmu kepada sesama).

Lebih lanjut, Habib Hasan juga berpesan, ada dua kunci untuk memperoleh ilmu. Pertama, dari sisi pelajar harus ada semangat yang tinggi dalam mendalami kajian kelimuan. Kedua, pada sisi lain, orang tua juga harus mendukung dan mengapresiasi kerja intelektual yang dilakukan oleh anaknya.

Acara yang berlangsung hingga pukul 12.30 wib ini diakhiri dengan ijazah sanad kitab karya Habib Hasan, yakni kitab at-Taqrirot as-Sadidah.

Saat ditemui, ketua panitia, Ustadz Arif Hidayatullah menerangkan, bahwa acara kuliah umum ini adalah bagian dari pengembangan keilmuan di perguruan tinggi Al Hasaniyyah.

“Melalui kuliah umum ini, kami berharap senantiasa terjaga tradisi pengembangan kelimuan di kalangan perguruan tinggi pesantren. Termasuk juga ijazah sanad. Sebab melalui ketersambngan sanad ada garansi otentisitas kelimuan.” tutur beliau.

Sebagaimana diketahui, ijazah sanad keilmuan adalah sesuatu yang istimewa bagi masyarakat pesantren. [*]

Tag : ma'had aly, kampus, perguruan tinggi

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more