12:00 . Penundaan Pilkada, KPU Tuban Masih Tunggu Surat Resmi   |   11:00 . Pemkab Tuban Lakukan Penyemprotan di Jalan Protokol   |   10:00 . Protokol Isolasi Mandiri   |   09:00 . Diisukan Positif Corona, Dokter RSNU Tuban Baru PDP   |   08:00 . Diduga Terpleset Saat Cari Ikan, Pemuda Ini Ditemukan Meninggal di Sungai   |   07:00 . Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?   |   18:00 . Fauzan Fuadi Menilai Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati   |   17:00 . Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   16:00 . Kurang Konsentrasi, Pengendara Motor Terjebur Ke Dalam Sungai   |   14:00 . 60 Persen Pendonor Absen, Stok Darah Trombosit di PMI Kosong   |   13:00 . Gerindra Berikan Masker dan Hand Sanitizer untuk RSUD Koesma   |   12:00 . Cegah Penyebaran Corona, Pemdes dan Warga Kebomlati Gotong Royong Semprot Fasum   |   11:00 . Terapkan Physical Ditancing, Perpustakaan Tutup Layanan   |   08:00 . Tanggapi Cuitan Guru Honorer, Dispendik Harap Sabar dan Pengertian   |   07:00 . 4 Hal yang Bisa Dilakukan agar Tak Kepikiran soal Masa Lalu Pasangan   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 11 April 2019 17:00

Seminar Sinergi Energi 2019

Pentingnya Sinergi Industri Hulu Migas dan Dunia Pendidikan

Pentingnya Sinergi Industri Hulu Migas dan Dunia Pendidikan

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Dunia pendidikan, khususnya kampus, harus mampu membekali mahasiswa cara bagaimana menghadapi tantangan persaingan di dunia profesional. Mahasiswa setelah lulus, harus mengerti bagaimana dinamika praktis dalam menjalani profesi. Maka belajar dari para praktisi dan profesional menjadi penting.

Hal ini disampaikan dalam seminar Sinergi Energi 2019 yang diselenggarakan SKK Migas Jabanusa dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS ) Surabaya, Kamis (11/4/2019) di Aula B.G. Munaf, Fakultas Teknologi Kelautan, Kampus ITS Surabaya. Pada diskusi teknologi tersebut, para profesional di industri hulu migas berbagi pengalaman kepada ratusan mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan.

“Pertukaran ide dan pengalaman ini sangat penting bagi kami, dunia akademisi. Wawasan praktis seperti ini harus juga dikuasai mahasiswa,” ucap Wasis Dwi Aryawan M.Sc.,Ph.D, Kepala Departemen Teknologi Kelautan ITS

Wasis berharap, kegiatan seperti ini juga membangun kerjasama yang berkelanjutan antara kampus dan perusahaan. Sehingga, kampus bisa menjadi laboratorium bagi industri.

Dalam diskusi yang mengangkat topik “Safe Marine Terminal Operations“ tersebut, mahasiswa mendapat pemaparan tentang dunia industri hulu migas dalam tataran praktek, khususnya tentang proses produksi minyak di Lapangan Banyu Urip, Bojonegoro. Mahasiswa juga diajak berdiskusi soal Teknologi dan Pengoperasian Kapal Alir Muat Terapung FSO Gagak Rimang.


Kepala SKK Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) yang diwakili Amni Nadya menyampaikan, bahwa industri hulu migas, khususnya di wilayah Jabanusa memerlukan sinergi dengan dunia pendidikan. Menurutnya, inovasi-inovasi teknologi dalam industri minyak dan gas justru kerap muncul dari kampus.

“Sinergi ini penting, karena industri hulu migas juga memerlukan kajian-kajian yang dihasilkan di kampus. Selain itu, kita juga membutuhkan lulusan-lulusan kampus yang bisa berkontribusi dalam kemajuan hulu migas di Indonesia,” imbuhnya.

Nadya mencontohkan, teknologi pengeboran di Lapangan Banyu Urip yang menggunakan skidding rig saat pengembangan lapangan. Teknologi ini merupakan karya anak bangsa Indonesia yang menjadikan kegiatan pengeboran sumur lebih efektif dan efisien.

Pada kesempatan tersebut, para praktisi dari ExxonMobil menjadi pembicara dan narasumber diskusi. Captain Vincent sebagai Mooring Master FSO Gagak Rimang menjelaskan bagaimana teknologi terkini diterapkan dalam pengelolaan Kapal Alir Muat Terapung (Floating Storage & Offloading).

Hadir pula Kus Pribadi, wakil Manajer Instalasi Lepas Pantai ExxonMobil Cepu Limited yang juga merupakan alumni ITS Surabaya. Kus membagi pengalaman profesionalnya dan perjalanan karir dia sejak lulus dari ITS. [ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : emcl, sinergi, migas, pendidikan, skk



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more