Sawahan Belum Tentukan Potensi Khusus, Kades: Hanya Ada Pertanian

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejak digemakan aspek otonomi daerah, wilayah-wilayah desa di Kabupaten Tuban pelan-pelan bangkit dengan gairah penonjolan potensi desa yang dimiliki.

Namun begitu, dibalik berdirinya kekuatan ekonomi tambahan lewat pengembangan potensi lokal, juga ada wilayah yang belum mengasah betul akan potensi desa yang dimiliki. Salah satunya juga Desa Sawahan, Kecamatan Rengel.

Letak geografis desa yang memiliki penduduk acak dari titik satu ke titik lain, sebab wilayahnya yang memang terbagi, mayoritas masyaraknya bertani, mengandalkan lahan sawah. Hal tersebut diutarakan secara langsung oleh Sunarto selaku Kepala Desa (Kades) Sawahan.

"Potensi desa cukup minim. Hanya ada sawah," ungkapnya kepada blokTuban.com, Selasa (9/4/2019).

Ditambahkannya lagi, meskipun sawah merupakan salah satu andalan desa tersebut, namun tak dipungkiri jika hasil dari aspek pertanian itu juga tak cukup bagus dalam mengkat Pendapatan Asli Desa (PAD).

"Sawah, lahan pertanian disini juga terbayang oleh ancaman banjir yang tiap tahun pasti terjadi Mas," paparnya.

Meski begitu, pihaknya tak mau berhenti dari keterbatasan potensi yang masih belum disempurnakan sepenuhnya. Dari pemerintah Kecamatan Rengel, beberapa waktu lalu juga pernah menuturkan sejumlah solusi terkait persawahan yang sering banjir.

"Tetap akan kita upayakan bagaimana ke depannya nanti. Kalaupun koordinasi dengan kecamatan, pastinya kita juga harus punya persiapan lebih," pungkas Kades. [feb/ito]