19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Mon, 27 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sampah Menumpuk Sekitar Pantai, Begini Kata Pengunjung

bloktuban.com | Saturday, 06 April 2019 12:00

Sampah Menumpuk Sekitar Pantai, Begini Kata Pengunjung

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Perihal lingkungan hidup dan sampah memang tak ada habisnya untuk dibahas. Demikian juga yang terjadi di sejumlah lokasi wisata pantai yang ada di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban. Bahkan, hal ini menimbulkan berbagai tanggapan dan komentar oleh para pengunjung. Salah satunya yang nampak di kawasan Pantai Remen, Kecamatan Jenu.

Jika dilihat sekilas, kondisi pantai abg terkenal dengan pasir putrinya tersebut memang cukup rapi dan bersih tata kelolanya. Akan tetapi, pemandangan berbeda bisa dilihat dibalik warung jajanan dekat pantai. Dimana aneka jenis sampah dapat ditemui oleh mata kasar pengunjung.

"Soal sampah di pantai bisa dibilang baik pengendaliannya Mas, tapi tadi juga sempat heran sih. Kenapa penjual malah numpuk sampah di sekitar kubangan belakang sana," ujar Damar, pengunjung pantai asal Kabupaten/Kota Lamongan, Sabtu (6/4/2018).

Menurutnya, meski terlihat sepele, namun buang sampah dan tertumpuk tak karuan begitu bisa menyebabkan sarang nyamuk, sehingga mengancam kesehatan.

"Harusnya diadakan tempat pengelolaan sampah sederhana sih di sekitar pantai, biar teratasi dengan baik. Sampah gak terbengkalai begitu," imbuhnya

Pengunjung lain dari Kabupaten Bojonegoro, Zaki juga menuturkan hal serupa. Sampah bekas makanan atau olahan para pedagang, harus dapat dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas wisata itu sendiri.

"Tapi sama sih, soal sampah itu tanggungjawab bersama. Bukan saja pengelola pantai, dan pedagang, tapi juga pengunjung. Jangan buang sampah sembarangan," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang di pantai mengaku tak punya pilihan lain selain menumpuk sementara sampah-sampah bekas bungkus jajanan maupun yang ada disekitar warungnya. Namun, ketika pengunjung beranjak sepi, dan hari sudah masuk petang, dia baru bisa membakar sampah yang menumupuk untuk mengurai.

"Kalau numpuk ya dibakar Mas. Soalnya belum ada penampungan sampah khusus, sementara begini," kata Karso. [feb/ ito].\

Tag : sampah, pantai, remen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more