Berikut, Tahapan Seleksi Paskibraka di Tuban.

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Senin (1/4/2019) melaksanakan tes seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pertama kali.

Kasi Pengembangan Pemuda,  Gathut D. Cahyono mengatakan, Seleksi tes calon Paskibra di Kabupaten Tuban dibagi dalam empat zona. Zona pertama meliputi Kecamatan Semanding, Tuban dan Palang. Zona kedua meliputi Kecamatan Rengel, Soko,  Grabakan,  Widang, zona ketiga Kecamatan Jatirogo,  Bancar,  Kenduruan, Senori,  Bangilan. Kemudian zona keempat Kecamatan Motong,  Singgahan, Parengan,  Tambakboyo,  Kerek dan Merakurak.

"Zona pertama dan kedua berlangsung hari ini dengan lokasi yang berbeda, zona pertama berlokasi di Stadion Bumi Wali sedangkan zona kedua berlokasi di Kecamatan Rengel. Untuk zona ketiga dan empat akan dilakukan besok," ungkap Gathut.

Lebih lanjut, setelah melakukan seleksi fisik masing-masing zona mendapatkan kuota peserta yang berbeda. Zona pertama berjumlah 25 kuota, zona kedua berjumlah 20 kuota, zona ketiga berjumlah 17 kuota dan zona keempat berjumlah 16 kuota. Selanjutnya peserta yang lolos tesebut akan mengikuti seleksi non fisik. 

Sesudah melakukan seleksi non fisik,  pada tanggal 4 April 2019 akan dilaksanakannya Pantauan terakhir (Pantukir) berlokasi di Gedung Budaya Loka Tuban. Sesi pantukir bertujuan untuk memetakan antara Paskibra Kabupaten dan Paskibra yang akan mengikuti seleksi Provinsi. Dan dari keempat zona tersebut akan terpilih 78 peserta calon Paskibra.

"78 akan dipetakan kembali, 72 ikut Paskibra kabupaten, 6 ikut seleksi provinsi dan 2 sebagai cadangan," ungkapnya. [nid/col]