12:00 . Penundaan Pilkada, KPU Tuban Masih Tunggu Surat Resmi   |   11:00 . Pemkab Tuban Lakukan Penyemprotan di Jalan Protokol   |   10:00 . Protokol Isolasi Mandiri   |   09:00 . Diisukan Positif Corona, Dokter RSNU Tuban Baru PDP   |   08:00 . Diduga Terpleset Saat Cari Ikan, Pemuda Ini Ditemukan Meninggal di Sungai   |   07:00 . Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?   |   18:00 . Fauzan Fuadi Menilai Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati   |   17:00 . Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   16:00 . Kurang Konsentrasi, Pengendara Motor Terjebur Ke Dalam Sungai   |   14:00 . 60 Persen Pendonor Absen, Stok Darah Trombosit di PMI Kosong   |   13:00 . Gerindra Berikan Masker dan Hand Sanitizer untuk RSUD Koesma   |   12:00 . Cegah Penyebaran Corona, Pemdes dan Warga Kebomlati Gotong Royong Semprot Fasum   |   11:00 . Terapkan Physical Ditancing, Perpustakaan Tutup Layanan   |   08:00 . Tanggapi Cuitan Guru Honorer, Dispendik Harap Sabar dan Pengertian   |   07:00 . 4 Hal yang Bisa Dilakukan agar Tak Kepikiran soal Masa Lalu Pasangan   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 31 March 2019 18:00

Tunggu 4 Bulan Kering, Petani Jagung Ini Baru Panen

Tunggu 4 Bulan Kering, Petani Jagung Ini Baru Panen

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Usaha pengolahan lahan jagung disekitar perbukitan Rengit, Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabagan, agaknya memiliki pola panen yang berbeda dari wilayah lain. Pasalnya, dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk bisa benar-benar merasakan jarih payah olah lahan tersebut.

Hal tersebut dituturkan langsung oleh petani pengolah ladang setempat. Dari waktu normal panen, yang mana petani jagung biasanya dapat memproses langsung pada akhir 2018 lalu, petani disana harus menunggu jagung kering dari batangnya di lahan.

"Kebanyakan petani jagung disini ya panen belakang. Soalnya harus nunggu jagung kering langsung di ladang, ada sekitar 5 bulanan ini," kata Karsani, salah satu petani jagung yang ditujukan blokTuban.com, Minggu (31/3/2019).

Ditambahkannya lagi, jagung kering dari lahan tanam selama 4 bulan ini yang dipanen menghasilkan jagung yang bagus dan berkualitas. Panas siang hari yang memadai, membuat jagung kesat dengan baik.

"Untungnya harganya sekarang lumayan. Kalau dibilang rugi ya enggak Mas, termasuk sebanding dari proses pengeringan manual begin" ujar warga dari Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan tersebut.

Sementara itu, petani lain juga menuturkan hak yang sama. Proses pengeringan yang memakan waktu sampai 3 bulan lebih, tak membuat ciut hati petani. Bahkan dengan menunggu hasil jagung kering maksimal, petani dapat meraup untung yang cukup untuk proses olah lahan selanjutnya.

"Keringnya lama ya gak jadi masalah. Toh harganya layan tinggi kok, kemarin saja terakhir harganya 4000 rupiah per kilo. Itu yang keringnya bagus," ungkap Sutrisno. [feb/ito].

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : jagung, harga, petani, ngrejeng, grabagan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more