14:00 . Tandang Ke Jogja, Tim Persatu Diteror Oknum Diduga Suporter PSIM Yogyakarta?   |   11:00 . Kalah Lawan PSIM Jogja, Menajemen Persatu: Peluang Persatu Masih Terbuka Asalkan...   |   10:00 . User PBT Ditilap, Nasib Digantung   |   09:00 . Puluhan User PBT Geruduk Diskoperindag   |   08:00 . Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   15:00 . Razia Warung, Satpol PP Amankan Puluhan Botol Miras   |   14:00 . Hari Ini, Listrik di Wilayah Tuban Bagian Timur Padam   |   10:00 . Tiger Guard Dropping Air Bersih   |   09:00 . Hadapi Industri 4.0 Karang Taruna Bangilan Gelar Internet Merketing Digipreneurship   |   08:00 . Setiajit: Pelayanan Publik Harusnya Dihadirkan di Car Free Day¬†   |   07:00 . Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Mencegahnya   |   13:00 . Inilah Maksud 9 Bhakti Bagi Jawa Timur   |   12:00 . 11 Kecamatan Sudah Ada Taman Baca   |   11:00 . Bupati Tuban Minta ASN Ikut Jaga Stabilitas Keamanan   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 31 March 2019 09:00

PDRB Kabupaten Tuban Capai Rp56,5 Triliun

PDRB Kabupaten Tuban Capai Rp56,5 Triliun

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban dengan luas 1.839,94 kilometer (Km) persegi dengan panjang bibir pantai 65 Km, dan jumlah penduduk 1,158 juta jiwa memiliki PDRB atas dasar harga berlaku sebesar Rp56,5 triliun. Sedangkan dari harga konstan sebesar Rp41 triliun tahun 2017. 

Untuk menghitung angka PDRB, ungkap Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana ada tiga pendekatan yang digunakan yaitu menurut pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran. Secara konsep ketiganya akan menghasilkan angka sama. Jumlah pengeluaran akan sama dengan jumlah barang dan jasa akhir yang dihasilkan dan harus sama pula dengan pendapatan untuk faktor-faktor produksi. 

“PDRB yang dihasilkan dengan cara ini disebut sebegai PDRB atas dasar harga pasar,” kata birokrat asal Nganjuk, kepada blokTuban.com, Minggu (31/3/2019).

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini mencatat ada enam kegunaan PDRB bagi daerah. Di antaranya PDRB harga berlaku menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan di suatu wilayah. PDRB harga konstans (riil) bisa menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Distribusi PDRB harga berlaku menurut lapangan usaha menunjukkan struktur perekonomian atau peranan setiap ekonomi dalam suatu wilayah. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan besaran PDRB perkapita tiap kecamatan berbeda dan memperlihatkan ketimpangan yang cukup besar. Dari 20 kecamatan rata-rata yang memiliki PDRB perkapita tertinggi selama lima tahun terakhir adalah Kecamatan Kerek Rp208juta. Diikuti Kecamatan Grabagan Rp52,3 juta. Sedangkan yang terendah di Kecamatan Bangilan Rp20,8 juta dan Rengel Rp23 juta. 

“Jika Kilang Tuban nanti beroperasi tentu PDRB akan naik signifikan,” tegas Budi. 

Berdasarkan scatter diagram dengan analisa tipologi Klassen, Kepala BPS Tuban Agus Budi Santoso, SE menjelaskan kecamatan-kecamatan yang terletak di kuadran 1 mencerminkan pertumbuhan ekonomi tingi dan PDRB perkapita tinggi (High Growth High Income).

“Selama 2013-2017 hanya Kecamatan Merakurak yang masuk kuadran 1. Artinya kecamatan ini memiliki kinerja ekonomi yang sangat baik karena berkarakteristik maju dan cepat tumbuh,” sambung Agus. 

Kecamatan Kerek, Grabagan, dan Jenu masuk kuadran II dengan pertumbuhan ekonomi rendah dan PDRB perkapita tinggi. Dikuadran III dengan laju pertumbuhan ekonomi tingi dan PDRB perkapita rendah mencakup Kecamatan Tuban, Widang, Palang, Bancar, Plumpang, Rengel, dan Bangilan. Wilayah kecamatan lainnya masuk dalam kuadran IV. [ali/lis]

 

 

Tag : pdrb, bps

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more