13:00 . Agus Sudibyo Beber Syarat Take Down Berita   |   12:00 . Saat Pandemi, Media Lokal Lebih Banyak Diminati   |   11:30 . Gubernur Jatim: AMSI adalah Industri Masa Depan   |   11:00 . Konferwil 2 AMSI Jatim Resmi Dibuka Gubernur Khofifah   |   22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |   22:00 . Bupati: Tak Perlu Sabotase Truk Pupuk Subsidi, Stok Cukup   |   21:00 . DPRD Setujui Rancangan APBD 2021 Capai Rp2,4 Triliun   |   20:00 . Jadwal Uji Coba KBM SMP dan MTs Tunggu Izin Gugus Tugas   |   19:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   18:00 . Penerima Jaring Pengaman Sosial Diminta Patuhi 3M   |   17:00 . Pakai Masker di Pantai Semilir, Kapolsek Jenu Hadiahi Sego Pindang   |   16:30 . Dipandu CEO BMG Webinar Konferwil AMSI Berlangsung Gayeng   |   16:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 24 March 2019 11:00

129 Bidang Lahan Warga Selesai Dipatok untuk Kilang Tuban

129 Bidang Lahan Warga Selesai Dipatok untuk Kilang Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kondisi di sekitar lokasi proyek Kilang Tuban di Kecamatan Jenu mulai mencair. Tercatat 129 bidang lahan warga di Desa Wadung dan Sumurgeneng sudah dipatok. Saat ini lahan belum diukur dan harga belum ditentukan. 

Projec Koordinator GRR Tuban, Kadek Ambara Jaya bersyukur karena sudah terjalin komunikasi dua arah. Semula Pertamina yang banyak mendengar masukan warga. Sekarang mereka perlahan mau mendengarkan, dan memahami proses pengadaan lahan untuk kilang minyak. 

"Alhamdulillah 100 bidang di Wadung dan 29 bidang di Sumurgeneng selesai dipatok," ujar Kadek kepada blokTuban.com, Minggu (24/3/2019).

Atas komunikasi hati ke hati, pemilik lahan yang rela melepas lahannya untuk Pertamina bersedia bidangnya dipatok. Itupun atas perintah BPN selaku Satgas pengadaan lahan kilang pada 11 Maret 2019 lalu. 

Masyarakat khususnya pemilik lahan perlu memahami, bahwa lahan yang sudah dipatok belum tentu langsung dibeli. Pemilik berkesempatan nego harga, dengan penentu harga yang waktunya masih lama. Sebelum nego ada banyak tahapan, mulai dari pengukuran, hingga tahapan sosialisasi. 

Perwakilan PT Surveyor Indonesia selaku konsultan Pertamina, Ahmad Triyono, menambahkan pendataan merupaka domain PT SI. Ada klasifikasi warna yaitu merah, kuning, hijau dan belum terdata. Dalam kurun waktu 4 bulan sudah ada 556 bidang terdata. Untuk di Desa Sumurgeneng belum terdata semuanya. 

"Warga diminta melakukan mematok antar bidang masing-masing oleh BPN. Kemudian Pertamina menyediakan patoknya," sambungnya. 

Di Wadung 566 bidang yang sudah setuju dipatok 100 bidang, dengan luasannya 40 hektare lebih. Di Sumurgeneng 29 bidang sudah dipatok, dari total 562 bidang. Sedangkan di Kaliuntu ada 7 bidang. Kondisi di lapangan, yang ngantri pengen dipatok sudah banyak, tapi tenaganya yang belum memadai. 

"Sebagian besar warna kuning (masih ragu-ragu), kalau harga cocok ikut kalau tidak ya batal," jelasnya. 

Ditegaskan, pengadaan lahan kilang mengacu pada UU nomor 2 tahun 2012. Prinsipnya regulasi ini mematikan Calo dan memuliakan pemilik lahan. 

"Target rampung pembebasan lahan warga November 2019," pungkasnya. [ali/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kilang, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more