15:00 . Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus   |   08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tak Lagi Terkelola, Begini Komen Pengunjung Sendang Maibit

bloktuban.com | Saturday, 23 March 2019 12:00

Tak Lagi Terkelola, Begini Komen Pengunjung Sendang Maibit

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sempat booming dengan tawaran fasilitas dan sarana wisata yang cukup mumpuni, seperti perahu karet dan flying fox, wisata Sendang Maibit rupanya tak lagi terkelola dengan baik. Banyak pengunjung, masyarakat yang datang dari dalam maupun luar wilayah pun dibuat gigit jari karenanya.

Padahal, wisata yang lebih dikenal dengan Bumi Perkemahannya itu mampu memikat wisatawan umum, serta menjadi pemantik Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di wilayah desa lain Kecamatan Rengel.

"Padahal dulu juga ramai, ada perahu dan flying fox, kan asyik buat liburan akhir pekan. Tapi sekarang malah sepi, gak ada perahu lagi," ucap Fadli, salah satu pengunjung di Sendang Maibit, Sabtu (23/3/2019).

Menurutnya, keadaan seperti ini sangat disayangkan. Kondisi wisata lokal yang harusnya bisa menjadi kebanggaan masyarakat maupun pemuda setempat bila dikelola dengan baik, namun malah dibiarkan begitu saja, terkesan berantakan, sehingga memunculkan perasaan sesal juga saat berkunjung di tempat ini.

"Kalau dirawat lagi, ditata, perahunya ada lagi, bisa jadi referensi tempat liburan. Ya sayang sekali, desa tempat lain ingin punya wisata untuk menarik mata umum, tapi di sini malah redup," kata lelaki yang doyan berwisata itu.

Hal senada juga diutarakan Ibrahim, pengunjung asal Kabupaten Bojonegoro. Niatnya bersantai di akhir pekan, mengelilingi Sendang dengan perahu karet bersama temannya harus urung. Dulunya pernah ia ketahui bahwa ada wahana perahu karet yang kiranya asyik untuk dicoba.

"Gak bisa coba wahana perahu karet, soalnya gak ada. Ya sudahlah, dibuat santai saja dan jalan jalan dekat sini," katanya tanpa ambil pusing.

Sementara itu, salah satu pemuda yang dulunya ikut dalam anggota pengurusan Pokdarwis Lanjar Maibit, Febri menuturkan, jika kepengurusan wisata memang sedang kendor. Belum ada himbauan khusus dari pengurus untuk mengaktifkan ulang, ataupun meningkatkan kualitas wisata.

"Belum ada himbauan dari Pokdarwis lagi. Kalau soal perahu karet yang belum disediakan lagi di Sendang, sementara ada di rumah ketua Pokdarwis," ungkap dia. [feb/rom]

Tag : wisata tuban, destinasi wisata, sendang maibit, bumi perkemahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more