Berikut Tiga Agenda Besar KONI Tuban pada  Porprov Jatim 2019

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com  - Sebentar lagi Pekan Olahraga Provinsi  (Porprov) ke-6 Jawa Timur akan digelar. Tercatat ada tiga agenda Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban menyemarakkan event bergengsi di Jatim tersebut. 

"Ada tiga agenda besar yang akan digelar di Tuban," ujar Ketua KONI Tuban, Mirza Ali Mansyur, kepada blokTuban.com di salah satu kafe di Tuban, Jumat (22/3/2019).

Agenda akbar tersebut diawali launching Maskot Porprov si Lawe yaitu kuda jantan hitam. Maskot Porprov Jatim ke-6 secara umum adalah si Abas, dengan ikon ayam jantan. Di Lamongan si Lilo, di Gresik si Giro, di Bojonegoro si Gogon. 

Launching akan digelar pada 29 Maret 2019 pagi di Alun-Alun Tuban. Launching maskot ini sebagai sosialisasi Porprov 29 hari menjelang hari H. “Acaranya tidak begitu besar, hanya diisi senam bersama terkait semangat Porprov,” imbuhnya.

Kedua acara Kirab Api Porprov akan dimulai tanggal 1 Juli 2019 dengan mengambil dari dari Kahyangan Api Bojonegoro, kemudian disemayamkan di Pendopo Bojonegoro. Pada tanggal 2 Juli pagi, dari Pendopo api diarak berputar di kota. Baru pukul 12.00 WIB akan ada serah terima di Desa Sendangrejo, Kecamatan Parengan. 

"Di Tuban api tersebut akan dikelilingkan mulai Soko, Rengel, Semanding, Tuban Kota dan masuk di Pendopo,"  papar Mirza. 

Pada tanggal 3 Juli baru diarak keliling kota masuk Palang, kemudian serah terima dari Palang ke Lamongan di Lohgong. Berlanjut dari Lamongan ke Gresik tanggal 3 Juli 2019. Pada tanggal 4 Juli pukul 12.00 Wib api diarak dari Gresik ke Lamongan. Kemudian Lamongan muter-muter lagi, dan di tanggal 6 Juli Proprov dibuka. 

Porprov digelar di Lamongan sampai tanggal 13 Juli. Di hari terakhir tersebut, Tuban terpilih menjadi lokasi penutupan. Tensi penutupan diupayakan sama dengan pembukaan. Kalau pembukaan levelnya 7 penutupannya 7. 

"Itulah pesan Gubernur. Pesannya kembang api juga harus spektakuler," jelasnya. 

Pemkab berharap event ini menjadi ajang ekonomi kreatif di Bumi Wali. Semua sektor harus bisa memanfaatkan even ini. Media juga diminta bisa membantu mempromosikan. 

"Sekali lagi terimakasih atas partisipasi media terhadap agenda KONI, Porprov, dan Pemkab Tuban," pungkasnya. [ali/col]