12:00 . BST Tahap Enam, 30.820 KPM Dapat Rp300 Ribu   |   10:00 . Tertimpa Reruntuhan Besi Tower, Rumah Warga Panyuran Rusak   |   09:00 . Hipmi Dorong Pemerintah Beri Peluang Besar Pengusaha Lokal   |   08:00 . Gerindra Siap Kerahkan Kader Rebut Kemenangan Setia Negara   |   07:00 . Migrain, Apa Sih Ciri-Ciri dan Penyebabnya?   |   15:00 . Kembali Nahkodai BPC Hipmi Tuban, Prasetiya Bagus Komitmen Bimbing UMKM   |   14:00 . Blak-Blakan, Gabungnya De Anwar, dan Strategi Pemenangan Ana-Anwar   |   13:00 . BPC Hipmi Tuban Gelar Muscab ke II   |   11:00 . Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah   |   10:00 . Corona di Palang Tembus 52 Kasus, Semakin Banyak Warga Pakai Masker   |   07:00 . Mi Instan dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya?   |   22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |  
Sun, 20 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 21 March 2019 08:00

Bantuan Alsitan Tak Termanfaatkan Optimal, Kenapa?

Bantuan Alsitan  Tak Termanfaatkan Optimal, Kenapa?

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si melaksanakan montoring dan evaluasi (monev) bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) di Kecamatan Singgahan dan Parengan. Bantuan yang diberikan telah tepat sasaran, tetapi memang ada di beberapa tempat yang belum secara optimal dapat dipergunakan karena kondisi alamnya yang tidak cocok dengan bantuan yang didapat.

"Monev ini dilakukan untuk memastikan bantuan alat-alat mesin pertanian yang diberikan oleh pemerintah kepada kelompok tani (Poktan) maupun gabungan kelompok tani (Gapoktan) telah tepat sasaran, tepat guna, dan bermanfaat untuk petani," ujar Wabup Noor Nahar kepada blokTuban.com, Kamis (21/3/2019).

Wabup bersyukur tidak menemukan adanya bantuan yang diselewengkan ataupun dijual dan bahkan mendapat banyak masukan dari para petani. Bantuan Alsintan baik yang bersumber dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan), Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Tuban masih dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

Bantuan alsintan ini sangat membantu petani dalam mengolah lahan pertanian yang ada di masing-masing poktan. Bantuan traktor misalnya, kini proses dalam mengolah tanah semakin cepat dan optimal dibanding saat membajak sawah dengan menggunakan sapi. 

Begitu juga dengan bantuan transplanter (alat menanam padi) dan combine harvester (alat pemanen padi). Kini, dengan adanya bantuan alat modern tersebut, proses menanam dan memanen padi semakin mudah dan cepat, apalagi melihat kondisi saat ini dimana anak muda banyak yang enggan menjadi petani.

"Harapannya, dengan adanya bantuan alsintan ini, kesejahteraan petani semakin baik. Dengan hasil pertanian yang semakin meningkat, sehingga ketahanan pangan bisa betul-betul terjaga," imbuhnya. 

Selain itu Wabup menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui secara detail setiap persoalan yang dialami petani secara riil. Sehingga bantuan yang akan diberikan kepada petani bisa tepat sasaran dan tepat guna. 

"Ke depan, diharapkan bantuan untuk petani akan terus dapat kita tingkatkan. Kebutuhan pupuk dan bibit juga akan kita cukupi, sehingga produksi pertanian kita semakin meningkat," harapnya.

Pada setiap Monev yang dikemas dengan dialog yang komunikatif antara Wabup dengan Petani ini, Selain Camat, hadir pula Kordinator dan Penyuluh Pertanian, Poktan, Gapoktan, dan Pokja Alsintan di setiap Kecamatan.

Pada kesempatan ini Wabup didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji, Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang (PUPR) Edi Kartono serta Kabag humas dan protokol Setda, Rohman Ubaid.

Sebelumnya kegiatan monev yang sama telah dilakukan di wilayah Kecamatan Rengel, Soko, Widang, Plumpang, dan Palang serta direncanakan akan dilaksanakan di semua Kecamatan Se-Kabupaten Tuban. [ali/lis]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : bantuan, pertanian



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more