KPU Jatim Temukan 17 WNA Masuk DPT Pemilu 2019

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim mencatat ada sebanyak 17 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 di wilayah Jawa Timur. Data WNA yang masukdalam DPT itu diperoleh berdasarkan hasil temuan dari Bawaslu Provinsi.

Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, saat ini temuan DPT WNA tersebut sudah dilakukan verifikasi yang mendalam, selain itu pihaknya juga telah dilaporkan ke Komisi Pemlihan Umum (KPU) pusat di Jakarta. 

"KPU Jatim memang menerima laporan ada kurang lebih 17 WNA yang masuk dalam DPT, selanjutnya sudah dilakukan kroscek," kata Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, Selasa (12/3/2019).

Gogot menambahkan, untuk aat ini kurang lebih 17 WNA yang masuk dalam DPT tersebut sudah dilakukan pencoretan dari daftar pemilih tetap tahun 2019. Seluruh KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur juga sudah diminta untuk menghapus dan memverifikasi data mereka dalam DPT.

"Dengan temuan ini, KPU Provinsi Jawa Timur tidak hanya menindaklanjuti temuan di tingkat provinsi. Kami juga sudah meminta kepada setiap KPU daerah dan kota jika menemukan adanya warga negara asing yang masuk dalam DPT agar dilakukan pencoretan," imbuhnya.

Pihaknya juga meminta kepada jajaran KPU di Kabupaten/Kota agar terus melakukan koordinasi dengan Disdukcapil setempat. Hal itu terkait validasi data agar proses jalannya Pemilu tahun 2019 ini benar-benar sesuai dengan harapan kita bersama.[hud/col]