Jalan Rusak, Warga Beri Tanda Drum di Jalan Nasional

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa titik Jalan Nasional Panglima Sudirman (Pangsud) di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban rusak dan berlubang. Akibatnya, beberapa kali pengguna kendaraan roda dua terjatuh lantaran tidak kunjung adanya perbaikan.

Hal itu membuat warga setempat geram dengan memberi sebuah tanda di jalan yang rusak itu dengan drum bekas yang bertuliskan 'Jalan Rusak'. Pemberian tanda jalan rusak itu bertujuan agar para pengguna jalan selalu berhati-hati dan waspada.

"Sudah satu minggu ini diberi tanda drum bekas oleh warga dengan diberi tulisan 'Jalan Rusak'," terang Luki (37) warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Senin (11/3/2019).

Dia menambahkan, sebelum diberi tanda drum bekas jalan rusak ini sudah beberapa kali memicu terjadinya kecelakaan kendaraan roda dua. Kebanyakan pengguna jalan jatuh pada malam hari lantaran kondisi jalan yang berada tepat di depan Kantor Dinas Perikanan dan Peternakan ini agak gelap.

"Sudah beberapa kali pengendara jatuh karena kerusakan jalan ini, terakhir ada truk yang terguling juga," tandasnya.

Sementara itu warga yang lain, Sugianto (35) juga mengatakan hal yang sama bahwa tanda drum bekas ini dipasang oleh warga. Dia juga mengungkapkan sudah beberapa kali pihak dari dinas terkait yang meninjau jalan rusak ini namun belum juga diperbaiki.

"Jalan rusak ini sudah terjadi lama, baru-baru ini saja warga memberinya tanda drum," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tuban, Edi Kartono hingga saat ini masih belum memberikan konfirmasi terkait kerusakan jalan nasional tersebut, saat dihubungi melalui telepon tidak dijawab.[hud/ito]