12:00 . Tuban Sediakan Paket Setara SD-SMA Gratis untuk Warga Tertinggal   |   11:00 . Cegah Longsor di Rengel, Relawan Tanam 1.000 Rumput Vetiver di Lahan Kritis   |   07:00 . Dear Parents, Ini Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tidak Mudah Iritasi   |   14:00 . Harga Cabai Rawit Melonjak, Cabai Kering Jadi Alternatif   |   13:00 . 60 Persen Penerimaan Pajak di Tuban Bersumber dari Sektor Industri   |   12:00 . Diterjang Hujan Lebat, Pohon di Jalan Panglima Sudirman Tuban Tumbang   |   11:00 . Begini Cara Kerja Virtual Police   |   10:00 . Puluhan Ahli Waris Korban Covid-19 di Tuban Batal Terima Santunan Rp15 Juta   |   09:00 . Salurkan Ribuan Masker ke Pesantren, Polres Tuban Canangkan Gerakan Santri Bermasker   |   07:00 . Kanker Payudara dan Serviks Ternyata Bisa Dicegah, Begini Caranya   |   18:00 . Dampak Pandemi Covid-19, Realisasi Penerimaan Pajak Tahun 2020 Turun   |   17:00 . SI dan Stakeholder Evaluasi Program Pemberdayaan FMK Rp7,1 Miliar   |   16:00 . Bupati Ajak Wajib Pajak Laporkan SPT Tahunan Tepat Waktu   |   12:00 . Hargai Cabai Rawit Tembus Rp100 Ribu Setara Daging Sapi   |   11:00 . Empat Orang Tak Jadi Terima SK PPPK   |  
Sat, 27 February 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tagana Tuban Beri Edukasi Anak di Bantaran Bengawan

bloktuban.com | Sunday, 10 March 2019 12:00

Tagana Tuban Beri Edukasi Anak di Bantaran Bengawan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meskipun warna angka dalam kalender bertinta merah, anak-anak di sekitar Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel nampak bersemangat mengikuti giat pembelajaran seputar bencana.

Bakti sosial edukasional oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Tuban, mengisi sela-sela aktivitas pasca banjir pada anak sekolah di Tambakrejo. Tercatat setidaknya 70 anak usia Sekolah Dasar (SD) juga beberapa anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) berkumpul di dekat tanggul Bengawan Solo desa setempat.

Suasana teduh dibawah pohon rindang dekat pematang sawah, menghantar keceriaan anak-anak untuk tetap antusias pada pembelajaran. Mereka diberikan pembekalan perihal tanda bencana, reaksi bencana, hingga penyelamatan dan pertolongan awal apabila banjir ataupun bencana lain datang.

Tagana Koordinator Kabupaten Tuban, M. Zaenuri dalam hal tersebut berkata, bahwa Layanan Dukungan Psikososial (LDP) ini merupakan fungsi rekreasional anak-anak wilayah terdampak banjir di beberapa Sekolah Dasar. Dengan tetap mengedukasi dan memupuk semangat untuk belajar.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk semangat anak untuk tetap belajar dalam kondisi apapun," terang M. Zaenuri kepada blokTuban.com, Minggu (10/3/2019).

Menumbuhkan semangat untuk tetap belajar, sambungnya, juga adalah hak semua anak. Maka dari itu Tagana berharap lebih, agar bisa terus memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan dasar masyarakat tetap terpenuhi dalam segi dan bentuk apapun.

"Anak-anak harus tetap semangat, tetap berkarya meski dalam kondisi apapun," pesan lelaki ramah itu kepada peserta belajar di sekitar tanggul Bengawan Desa Tambakrejo.

Mengingat lagi kelompok anak-anak dan wanita yang juga termasuk dalam bagian makhluk sosial paling rentan, Tagana terus berkomitmen kuat pada giat edukasional, rekreasional, yang diselipi dengan fun game, guna mengobati rasa trauma.

Salah satu anak yang turut dalam pembelajaran di tanggul bengawan, M. Ainur Rofiq mengaku senang telah bergabung dalam dalam kegiatan siang hari ini. Banyak ilmu dan keceriaan yang diperoleh dari anggota Tagana selagi aktivitas berlangsung.

"Senang, bisa tahu dan belajar tentang banjir, kebakaran, dan penanggulanggannya," terang siswa yang duduk di bangku kelas V SDN Tambakrejo II itu. [feb/ito].

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tagana, tuban, rengel, edukasi, anak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more