07:00 . Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat   |   22:00 . Razia di 6 Tempat, Petugas Sita Arak, KTP dan Handphone   |   18:00 . Jenazah Covid-19 Diambil Paksa, RSUD Jatirogo Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah   |   12:00 . IBI Tuban Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19   |   11:00 . Sembuh dari Covid-19, 48 Karyawan TPPI Tuban dan Jakarta Donorkan Plasma   |   08:00 . Anjing Liar Terkam 13 Ekor Kambing   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |   18:00 . Harry Susanto Jadi Ketua DPC Gerindra Tuban Gantikan Tri Astuti   |   17:00 . Pohon Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Tutupi Akses Jalan Jatirogo-Bulu   |   16:00 . Pemkab Tuban Belum Miliki Data Kemitraan UMKM dan Perusahaan   |   15:00 . Teror Anjing Liar di Tambakboyo, 13 Ekor Kambing Mati Diterkam   |   14:00 . Kartar Tunas Muda Kedungsoko Tetap Berkarya di Tengah Pandemi   |   13:00 . Keluarga Sepakat Jenazah Dimakamkan Protokol Covid-19   |   12:00 . Polisi Tetapkan 3 Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19   |   08:00 . 7 Rumah Sakit Ajukan Plasma Konvalesen di PMI Tuban   |  
Wed, 20 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sharing Sebelum Sebar, Cara Tangkal Berita Hoax

bloktuban.com | Friday, 08 March 2019 21:00

Sharing Sebelum Sebar, Cara Tangkal Berita Hoax

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Maraknya berita atau informasi hoax menjelang pemilu 2019, menjadi keprihatinan tersendiri Kapolsek Senori, AKP Musa Bakhtiar. Untuk menangkalnya, Kapolsek menggelar Ngopi bareng jurnalis Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dan netizen di Rumah Joglo Kost Ash-Shoya Tuban.

"Sharing sebelum share (menyebar) supaya kita tidak ikut memviralkan berita yang belum jelas kebenarannya," ujar Kapolsek Musa kepada blokTuban.com, Jumat (8/3/2019).

Pertemuan antara netizen dan jurnalis kali ini untuk sharing informasi, karena berita hoax belakangan ini sangat luar biasa. Terlebih menjelang Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 17 April mendatang.

Melalui obrolan ringan, diharapkan ada transfer pengetahuan yang muaranya pada pemberitaan. Netizen harus bisa menyampaikan informasi yang ada dasarnya. Jangan asal share sesuatu yang belum jelas asal usulnya.

"Hoax sangat merugikan kita semua," beber pria kelahiran Ngawi ini.

Sekretaris RPS, Dion Dajar Arianto, memiliki cara khusus ketika menerima informasi atau berita yang belum jelas. Bisa dicek di media yang sudah terverifikasi di website Dewan Pers.

"Kalau berita nasional saya biasa ngecek di Detik atau CNN. Sedangkan yang lokal ngecek di Berita Jatim," sambung kontributor Trans ini.

Kendati demikian, Dion bukan berarti tak percaya dengan media yang belum terverifikasi. Prinsipnya lebih cerdas mengkonsumsi informasi dari media yang kredibel dan terpercaya.

Perwakilan Netizen Ronggolawe (Nero), Arif Mustofa, mendukung kegiatan Ngopi yang digelar Polsek Senori. Diharapkan acara semacam ini berkelanjutan, apalagi tema utamanya menangkal hoax.

"Kita harus bisa memilah berita yang baik dan media terpercaya," imbuhnya.

Hoax harus ditangkal, karena dapat meresahkan masyarakat khususnya di Bumi Wali. Melalui sinergi polisi, jurnalis, dan netizen semoga pesta demokrasi tahun ini berjalan lancar.

Perwakilan Blusukan Alam Tuban (BAT), Reyvan Muhammad, menilai penangkalan berita hoax tak bisa instan. Perlu waktu dan telaten menyebarkan konten berita positif di media sosial.

"Misal ada video kita bisa lihat dari awal sampai akhir. Kapan kejadiannya, dan apakah sudah tayang di media terverifikasi," pungkasnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : berita hoax, rps



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more