15:00 . Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus   |   08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Air Terus Naik, Warga Was-Was

bloktuban.com | Wednesday, 06 March 2019 16:00

Air Terus Naik, Warga Was-Was

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Luapan sungai Kali Kening yang berhulu di wilayah Jatirogo, Kenduruan, Montong, dan Singgahan terus membuat kiriman banjir di Kecamatan Parengan semakin parah.

Tak ayal, jika Tinggi Muka Air (TMA) terus naik sebab mendapat kiriman dari hulu, membuat desa-desa di Parengan was-was.

Informasi yang diolah blokTuban.com dari sumber salah satu Desa Tanggap Bencana (Destana) Brangkal, Kecamatan Parengan menyebutkan, bahwa TMA dari pagi sampai sore ini terus naik.

"Kita juga harus siap dan tanggap, sebab kemungkinan besar TMA naik," ujar Ketua Destana Brangkal, Sukisno ketika memantau keadaan banjir sekitar Dusun Kedungbanteng, Desa Brangkal.

Ditambahkannya lagi, wilayah Brangkal yang paling parah ialah Dusun Jeruk. Dari total keseluruhan desa terdampak banjir, setidaknya terdapat sejumlah akses warga yang lumpuh, yang meliputi 1 unit pasar sebagai akses ekonomi, 7 toko, 2 akses pendidikan, dan 7 tepat ibadah.

"Itupun laporan siang tadi, sekarang bisa tambah," lengkap lelaki yang juga menjabat sebagai Kasi Pelayanan Desa Brangkal itu.

Pihaknya juga menceritakan jika sebelumnya TMA Bengawan Solo wilayah Bojonegoro telah sampai pada angka 13,88 siang tadi. TMA tersebut menunjukkan indikasi Siaga Kuning.

Sedangkan informasi terbaru, kondisi Kali Dungus di wilayah Kabupaten/Kota Madiun saat ini sedangkan berada dalam fase Siaga merah dengan TMA 42.20. Kondisi tersebut masih terbilang aman dan stabil di sana, sebab dimungkinan tak ada penambahan debit volume air lagi.

"Perkiraan turun ke Bengawan sini ya nanti malam kemungkinan. Tapi sore ini banjir malah naik terus, otomatis juga dampaknya terus bertambah di wilayah sini," bebernya kepada blokTuban.com, Rabu (6/3/2019).

Hingga berita ini diunggah, dampak banjir di Desa Brangkal, Kecamatan Parengan terus bertambah. Jika sebelumnya pagi tadi 400 meter jalan poros desa setempat terendam, sekarang ini sudah meluas menjadi 2 kilometer lebih. Ketinggian banjir yang semula berkisar 10 hingga 60 centimeter, potensinya bisa bertambah menjadi 80 centimeter.

Selain itu, lebih dari 500 KK dan 100 hewan ternak yang mencakup sapi dan kambing juga terendam air dengan ketinggian antar 10 centimeter hingga 60 centimeter.

"Baru saja dapat laporan update Bengawan Solo wilayah Bojonegoro naik jadi 14,13 TMA," pungkasnya Sukisno kepada blokTuban.com. [feb/rom]

Tag : bajir, air, bengawan, kali kening



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more