08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Selamatkan Sumber Mata Air Brubulan, RPS Tanam 1.000 Pohon

bloktuban.com | Tuesday, 05 March 2019 09:00

Selamatkan Sumber Mata Air Brubulan, RPS Tanam 1.000 Pohon

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Untuk menyelamatkan sumber mata air Sendang Brubulan di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban, Jawa Timur menanam 1.000 bibit pohon yang mayoritas buah-buahan. Aksi penghijauan tersebut melibatkan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, beberapa stakeholder perusahaan, dan tamu undangan.

"Tanam pohon menjadi agenda wajib kami karena alam di Bumi Wali harus dihijaukan," ujar Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda, kepada blokTuban.com, Selasa (5/3/2019).

Adapun jenis pohon yang ditanam kali ini yaitu Jambu Kristal. Harapannya dampak jangka panjangnya, jambu bisa menjadi ikon dan daya tarik bagi wisatawan ke sendang yang kini dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Selama ini organisasi wartawan yang bermarkas di Balai Wartawan Jalan Pramuka No.1, tak pernah mengabaikan kelestarian lingkungan. Bersinergi dengan stakeholder meliputi beberapa perusahaan dan Mangrove Center Tuban (MCT) Jenu, RPS terus mendukung program pemerintah dengan menanam pohon.

"Karena kami sadar manusia hidup tak bisa lepas dari alam. Maka kita punya kewajiban menjaganya," terangnya.

Ketua Pokdarwis Jadi, Suko Pamuji Gunawan, mendukung tujuan RPS menyelamatkan sumber mata air Brubulan. Sinergi ini diharapkan bisa menjadikan Desa Jadi tidak kekurangan air.

"Air harus kita jaga, kalau sampai habis kelak kita akan beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," sambungnya.

Kades Jadi, Munir, menambahkan Brubulan merupakan awal destinasi wisata yang diplot desa. Tahun ini sudah dianggarakan di APBDes untuk jalan masuk.

"Pelan-pelan kita benahi Sendang Brubulan ini. Dengan harapan OPD dan stakeholder lainnya ikut membantu," imbuhnya.

Sebelum tanam pohon, juga dilakukan penandatanganan kerjasama pemeliharaan tanaman yang melibatkan Ketua RPS, Wabup Tuban, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Mangrove Center Tuban, Kepala Desa Jadi, dan Ketua Pokdarwis setempat. Tujuannya supaya tak sekedar menanam pohon, tapi juga ada tanggungjawab merawatnya.

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, menilai tujuan tanam pohon ini sangat luar biasa. Konservasi ini harus ada tindaklanjutnya, supaya niat menanam tidak sia-sia. Semua pihak harus telaten, serius, dan bahu-membahu.

"Termasuk Perhutani juga harus ikut serta melestarikan alam khususnya Sendang Brubulan," tambahnya.

Akses utama di Brubulan juga harus diperhatikan. Bisa dialokasikan dari DD atau ADD. Pemdes perlu mengetahui, APBD Tuban sekarang sebanyak Rp2,4 Triliun. Rp1,1 Triliun untuk gaji rutin dan lain sebagainya. Terakhir untuk belanja modal sekira Rp400-500 Miliar.

Di Kecamatan Semanding potensi wisata alamnya banyak. Jika bendungan Jadi sudah selesai dipastikan menambah destinasi wisata, dan bermanfaat bagi masyarakat setempat. [ali/rom]

Tag : sendang, semanding, tanam pohon, rps



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more