15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |   14:00 . Webinar AMSI Jatim: Memahami Aspek Ekonomi Platform Digital   |   13:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro   |   12:00 . Ikuti Webinar Bareng AMSI, Juga Live Streaming di Facebook   |   11:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   10:00 . Kasatlantas Polres Tuban Cek Kelengkapan Personel Jelang Operasi Zebra Semeru 2020   |   09:00 . Di Grabagan Distribusi Pupuk Subsidi Terkendala Armada   |   08:00 . Begini Pesan Ketua PBNU Pada Setiajit saat Diterima Sowan   |   07:00 . Orangtua Perlu Tahu, Rasa Bosan Pada Anak Tak Selalu Buruk   |   17:00 . AMSI-EMCL Menyerahkan APD untuk Nakes Tuban-Bojonegoro   |   13:00 . Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang   |   12:00 . Punya Pantai Sepanjang 65 KM, Tuban Bakal Dibentuk Satpolair   |   11:00 . Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih   |   10:00 . Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban   |   10:00 . Di Tengah Pandemi, 80 Ribu Masker Jadi Souvenir Pengunjung Pantai Kelapa   |  
Fri, 23 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 01 March 2019 21:30

Rakernas AMSI 2019

Verifikasi Perusahaan Pers dan Kompetensi Jurnalis Mulai Dirasakan

Verifikasi Perusahaan Pers dan Kompetensi Jurnalis Mulai Dirasakan

Reporter: Nidhomatum MR

blokTuban.com - Ketua Dewan Pers Yoseph Staenly Adi Prasetyo menegaskan verifikasi perusahaan pers dan uji kompetensi jurnalis yang sempat mendapat penolakan kalangan organisasi pers kini mulai dirasakan manfaatnya.

Yoseph menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara dalam Digital Media Conference serangkaian Rekernas  Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Dia mengisahkan, beberapa waktu lalu saat ada pertemuan para pimpinan "langitan" pers seperti Jacob Oetama, Chaerul Tanjung dan lainnya, menginginkan agar perusahaan pers bisa lebih profesional demikian juga dengan jurnalisnya sehingga perlu dilakukan verifikasi dan uji kompetensi.

"Pesan dan permintaan yang disampaikan Piagam Palembang tahun 2017,  oleh Dewan Pers kemudian dilakukan verifikasi perusahaan pers dan uji kompetensi jurnalis," sambung Yoseph

Langkah Dewan Pers, itu tidak lantas berjalan  mulus  karena sempat mendapatkan penolakan  dari organisasi profesi pers, yang menganggap hal itu sebagai bentuk pembredelan pers.

"Setelah sekian tahun kita laksanakan, sekarang kita tahu manfaatnya, " tegasnya dalam kegiatan yang dihadiri ratusan jurnalis serta para pengurus daerah dan pusat AMSI.

Dengan adanya perusahaan pers yang terverifikasi dan kompetensi jurnalis, Dewan Pers  menjadi mudah untuk  memilah memilih mana media  yang dikelola profesional mana yang abal-abal.

Pihaknya masih banyak menemukan perusahaan media tidak dikelola profesional dan praktek wartawan abal-abal yang dilaporkan masyarakat termasuk dari aparat penegak hukum kepolisian. 

Ia juga menambahkan, Dewan Pers tengah memperjuangkan, agar pemerintah daerah dalam iklan tender, lebih selektif sehingga tidak mengakomodir media abal-abal.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya mempertahankan produk jurnalistik yang profesional. Saat ini, dalam pengamatan Dewan Pers ada sekira 43.300 situs yang  berbasis internet, yang sebagian besar tidak dikelola profesional.

"Saya yakin jurnalisme bagus, tidak akan mati karena masyarakat membutuhkan informasi yang telah terkonfirmasi terverifikasi," imbuhnya.

Selain Yoseph turut hadir menjadi pembicara Menkominfo Rudiantara sekaligus membuka Rakernas AMSI pertama. Selain itu, hadir Pimred The Jakarta Post Nezar Patria, Pimred Kompas Ninuk Mardiana Pambudy, Dirut  LKBN Antara  Mediatama, Suryodingrat dan Ahmad Aditya Direktur Mahaka Group.  [lis]

 

 

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : amsi, verifikasi



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more