Urine 1 ASN Tuban Positif Mengandung Obat Keras

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, Jawa Timur menemukan urin satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab setempat mengandung obat keras yang terindikasi Narkoba. Setelah dikroscek yang bersangkutan sedang sakit, dan mengkonsumsi obat dengan resep dokter.

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana, menjelaskan dari 120 an ASN terdiri pejabat eselon 2 dan 3 hanya satu yang positif. Pejabat lainnya negatif dan bebas memakai obat-obatan terlarang.

"Iya, satu ASN positif pakai obat keras," ujar Made ketika dikonfirmasi blokTuban.com melalui sambungan teleponnya, Kamis (28/2/2019).

Data yang diterima BNNK jumlah ASN di Bumi Wali kurang lebih 150 an orang. Bagi yang belum menjalani tes urine, diwajibkan Sekda Budi Wiyana langsung ke klinik BNNK di Jalan Ronggolawe Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban.

Temuan satu ASN sudah dilaporkan ke Pemkab Tuban. Hal tersebut wajar karena beberapa obat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tiap hari, akan mempengaruhi urinenya.

Kegiatan tes urine merupakan upaya Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba yang dilakukan melalui tes urine dan sosialisasi P4GN bagi Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Tuban. Selain itu juga sebagai bentuk diseminasi informasi terkait narkoba dan perkembangannya.

Tes urine dilakukan bukan untuk ranah hukum, tapi hanya screening awal. Diharapkan para pejabat dapat memberi contoh terhadap bawahan, agar terus memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat.

Program pemberdayaan masyarakat anti narkoba ini bertujuan untuk mengedukasi, dan meningkatkan kepedulian terhadap peredaran narkoba. Pengguna tidak boleh dijauhi, tapi harus terus didampingi dan dibina.

Mantan Penyidik BNNP Jatim ini menambahkan telah memiliki klinik dan telah bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait. BNNK Tuban juga tengah mengembangkan klinik swasta untuk rehabilitasi pengguna narkoba.

“BNNK Tuban terus meningkatkan dan memaksimalkan SDM dan infrastruktur penunjang  lainnya," pungkasnya. [ali/ito]