13:00 . Transisi Musim, BMKG Tuban Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem   |   12:00 . Buka Kafe dengan Konsep Ruang Baca, Pemuda Ini Raup Puluhan Juta Rupiah   |   11:00 . Puluhan Barang Berbahaya Disita dari Kamar Napi   |   07:00 . Simak! 7 Alasan Utama Mengapa ASI Penting untuk Bayi   |   19:00 . Diabaikan, Keberadaan Rambu Ini Tak Dianggap   |   18:00 . Pastikan Kelayakan Senpi, Polres Lakukan Pemeriksaan Berkala   |   16:00 . GEGER! Pemuda Ronggomulyo Ditemukan Gantung Diri   |   15:00 . Viral...!!! Gara-gara Bocil, Truk Hantam Rumah   |   14:00 . Fakta-Fakta Korban Gantung Diri di Kamar Mandi, Sempat Minta Maaf Kepada Keluarga dan Kerabat   |   13:00 . Pantai Boom akan Jadi Ikon Pariwisata Kemaritiman Indonesia   |   12:00 . Pemkab akan Dukung Mesin Packing untuk Minuman Legen   |   11:00 . Begini Proses Evakuasi Korban Gantung diri Dari Gang Sempit   |   10:00 . Geger Warga Kelurahan Ronggomulyo Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi   |   09:00 . Pendekar IKSPI Bersama TNI dan TAGANA Tanam Akar Wangi   |   08:00 . Terpilih Jadi Ketua DPC PKB Tuban, Miyadi Gaungkan 3 Tugas Pokok   |  
Tue, 09 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Warga Temaji Keluhkan Bau Asap Batu Bara

bloktuban.com | Tuesday, 19 February 2019 15:00

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Warga Dusun Glagah, Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur mengeluhkan bau tak sedap asap batu bara dari kapal tongkang yang terdampar di Pantai Surindah. Tongkang tersebut diindikasi kuat memasok batu bara di Pelabuhan Khusus (Pelsus) PT Semen Indonesia (persero) Tbk.

"Baunya tak sedap dan menyebabkan warga batuk-batuk," ujar tokoh pemuda Temaji, Muhlisin, kepada blokTuban.com melalui sambungan telepon, Selasa (19/2/2019).

Warga menduga asap batu bara muncul karena teriknya sinar matahari. Gara-gara tongkang terdampar dan tak ada penyiraman, maka muatan batu baranya terbakar dan menimbulkan dampak bagi lingkungan.

Terdamparnya tongkang muatan batu bara diperkirakan sejak 23 Januari 2019 lalu. Sampai detik ini belum ada tindaklanjut. Warga butuh solusi tegas dari pemilik tongkang tersebut.

"Sebulan dibiarkan terdampar tongkang itu," jelasnya.

Ketua RT Glagah menjadi sasaran amuk warga, karena tak segera bergerak. Apabila tidak ada komunikasi dan tindakan, warga akan bertindak supaya dampak dari batu bara hilang.

"Benar, warga protes ke saya soal asap batu bara di Pantai Surindah," sambung Ketua RT Glagah, Supriyanto terpisah.

Apabila dirinya kuat menarik tongkang, pasti langsung dievakuasi. Pihaknya mengaku belum pernah ada komunikasi dari SI, soal solusi keluhan warganya.

Mewakili warganya, RT meminta solusi dari PT SI. Misalnya membuang batu bara, atau menyiraminya rutin supaya tak menimbulkan asap.

"Warga yang terdampak juga harus dibeti kompensasi," pintanya.

Merespon keluhan warga Temaji, Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo, akan segera mengecek kondisi di lapangan sebagai dasar pengambilan tindakan dan keputusan. Pada prinsipnya Semen Indonesia beroperasi selalu memperhatikan lingkungan, dan berkomitmen untuk tidak menimbulkan dampak kurang baik bagi masyarakat sekitar.

"Saya akan koordinasi dulu dengan tim di lapangan," singkat pria ramah ini. [ ali/lis]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tongkang, kapal



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more