13:00 . Transisi Musim, BMKG Tuban Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem   |   12:00 . Buka Kafe dengan Konsep Ruang Baca, Pemuda Ini Raup Puluhan Juta Rupiah   |   11:00 . Puluhan Barang Berbahaya Disita dari Kamar Napi   |   07:00 . Simak! 7 Alasan Utama Mengapa ASI Penting untuk Bayi   |   19:00 . Diabaikan, Keberadaan Rambu Ini Tak Dianggap   |   18:00 . Pastikan Kelayakan Senpi, Polres Lakukan Pemeriksaan Berkala   |   16:00 . GEGER! Pemuda Ronggomulyo Ditemukan Gantung Diri   |   15:00 . Viral...!!! Gara-gara Bocil, Truk Hantam Rumah   |   14:00 . Fakta-Fakta Korban Gantung Diri di Kamar Mandi, Sempat Minta Maaf Kepada Keluarga dan Kerabat   |   13:00 . Pantai Boom akan Jadi Ikon Pariwisata Kemaritiman Indonesia   |   12:00 . Pemkab akan Dukung Mesin Packing untuk Minuman Legen   |   11:00 . Begini Proses Evakuasi Korban Gantung diri Dari Gang Sempit   |   10:00 . Geger Warga Kelurahan Ronggomulyo Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi   |   09:00 . Pendekar IKSPI Bersama TNI dan TAGANA Tanam Akar Wangi   |   08:00 . Terpilih Jadi Ketua DPC PKB Tuban, Miyadi Gaungkan 3 Tugas Pokok   |  
Tue, 09 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gotong Royong Warga Semanding Benahi Tanggul

bloktuban.com | Tuesday, 19 February 2019 16:00

Gotong Royong Warga Semanding Benahi Tanggul

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peristiwa banjir yang sempat mengancam sejumlah masyarakat di Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko bahkan luberan air juga merusak tanggul yang ada di desa setempat. 

Untuk menanggulangi hal itu terulang, warga sudah bergotongroyong royong membuat tanggul sementara sebagai antisipasi luapan sungai lebih besar. Mereka menggunakan karung berisikan pasir, kemudian ditempatkan pada bagian tanggul yang rusak. Tercatat setidaknya sudah ada 500 karung isi pasir guna menutup kerusakan tanggul sungai.

"Dari warga terdampak sendiri yang ikut ada sekitar 28 orang, mungkin untuk gelombang ke 2 akan nambah," ujar Kepala Dusun Semanding, Desa Sandingrowo, Eko Sugiarto kepada blokTuban.com, Selasa (19/2/2019)

Dikonfirmasi lebih lanjut, pihaknya mengatakan jika masih terdapat kendala pada bagian media karung penutup tanggul. Beberapa waktu lalu, pihaknya sempat meminta kepada BPBD agar diberikan 1000 biji karung untuk menutup kerusakan tanggul. Namun, baru dikirim 100 biji.

Padahal perhitungan penutupan bangunan rusak, sambung Eko, habis sekitar 750 karung baru bisa menjamin keamanan. Sedangkan 250 karung lain, untuk menanggulangi lokasi tanggul yang luber.

"Belum mengahadap ke pimpinan, cuma dari warga dan korban terdampak ngajaknya segera. Mumpung belum terlambat," jelas Eko ketika ditanya tentang perbaikan tanggul sementara gelombang dua.

Sebatas informasi, sebelumnya banjir luapan Kali Wedi memberi dampak pada lahan pertanian warga berikut Jalan Usaha Tani (JUT) menjadi rusak dan hampir putus. Luapan sungai juga mengintai rumaH - rumah warga. Keadaan tersebut juga mirip seperti di Dusun Karangdowo, yang mana air masih di sekeliling rumah warga.

"Nanti tetap ada perbaikan total, cuma sekarang mengamankan lahan pertanian dan JUT dulu," pungkas Kadus Semanding. [feb/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tanggul, banjir



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more