21:00 . Bupati Sambut Baik Adanya Gedung Bioskop Baru   |   20:00 . Pererat Persaudaraan, IGRA Gelar Istihlal dan Silaturahim   |   19:00 . Forum Anak Ronggolawe Dikukuhkan   |   18:00 . Ha...Pebisnis Miras Bercita-cita Punya 1.000 Karyawan   |   17:00 . Kasus Dugaan Korupsi Kades Glondonggede Masuki Sidang ke Empat   |   16:00 . BPBD Tuban Bakal Gagas Destana Jegulo   |   15:00 . Soal Retakan Tanah, Begini Paparan Perusahaan   |   14:00 . Bonus Atlet dan Pelatih Tuban di Porprov VI Total Rp1 Miliar   |   13:00 . Rajungan Tuban Akan Jadi Menu Kuliner Utama Porprov VI   |   12:00 . Dihadiri Gubernur Jatim, Wabup Minta Paralayang Tuban Bersolek Batik Gedog   |   09:00 . Polisi Tangkap Satu Pelaku Pengroyokan di Konser Adella   |   08:00 . Digrebek, Orang Ini Ternak Lele Sambil Bikin Miras   |   07:00 . 8 Cara Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan untuk Anak   |   23:00 . Intip Personil blokMedia Group   |   18:00 . Malam Ini Puncak Maha Karya Cinta 8 Tahun blokBojonegoro   |  
Tue, 25 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 11 January 2019 07:00

Menjaga Ginjal Tetap Sehat Tanpa Minum Obat

Menjaga Ginjal Tetap Sehat Tanpa Minum Obat

Reporter: --

blokTuban.com - Organ ginjal berperan penting dalam menyaring zat-zat racun dalam tubuh. Itulah kenapa kita perlu benar-benar menjaga organ yang satu ini supaya tubuh tidak keracunan. Tidak melulu harus minum obat atau vitamin, masih ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Apa saja? 

1. Penuhi kebutuhan cairan Ilustrasi minum air

Sering disepelekan, minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Ini karena air putih dapat membantu membilas zat-zat racun yang tertampung di dalam ginjal. Meski begitu, James Simon, MD, selaku ahli saraf dari Cleveland Clinic, mewanti-wanti supaya jangan sampai kita minum air putih kebanyakan. Cukup minum 8 gelas air putih setiap hari supaya fungsi ginjal tetap optimal. 

2. Jaga pola makan

Sebagian besar masalah ginjal ternyata berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Maka itu, pastikan tekanan darah dan kadar gula tetap normal setiap hari. Caranya, jaga pola makan dengan memperbanyak makan sayur, buah, dan biji-bijian. Selain itu, batasi juga asupan garam dan gula supaya terhindar dari diabetes dan hipertensi. 

3. Olahraga rutin Ilustrasi olahraga bersama

Selain bikin tubuh tetap bugar, rutin berolahraga juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Tenang, kamu tak perlu repot-repot melakukan olahraga intensitas tinggi supaya badan tetap sehat. Pilihlah jenis olahraga ringan yang kamu sukai. Entah itu jogging, bersepeda, berenang, atau yoga setidaknya selama 20 menit setiap hari. Hal ini bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal sekaligus mengendalikan tekanan darah. 

4. Jangan sembarang minum vitamin atau obat

Kita harus benar-benar memperhatikan setiap dosis vitamin, obat medis, maupun obat herbal yang dikonsumsi. Hati-hati, minum obat melebihi dosis bisa membahayakan ginjal. Beberapa obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan naproxen, ternyata dapat memicu kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Maka itu, konsultasikan dulu ke dokter sebelum minum obat jenis apa pun. 5. Berhenti merokok 

Zat-zat racun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat menghambat aliran darah. Akibatnya, jantung harus kerja ekstra untuk memompa darah dan menyebabkan hipertensi. Lagi-lagi, hipertensi adalah penyebab sakit ginjal yang paling umum. Maka itu, sebaiknya berhentilah merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan ginjal. 

6. Lakukan pemeriksaan ginjal 

Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan ginjal sedini mungkin. Terlebih jika punya diabetes atau hipertensi yang berisiko terkena sakit ginjal. Dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes untuk mengukur kerusakan fungsi ginjal. Mulai dari tes GFR, tes darah, hingga tes urin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menjaga Ginjal Tetap Sehat Tanpa Minum Obat", https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/10/203200820/menjaga-ginjal-tetap-sehat-tanpa-minum-obat. 

 

Tag : ginjal, minum, obat

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more