Persiapan Penetapan Lokasi Kilang NGRR Disosialisasikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - PT Pertamina bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menyosialisasikan  proyek kilang minyak NGRR Tuban pada warga Desa Wadung dan Sumurgeneng Kecamatan Jenu, Tuban. Acara berlangsung di Balai desa Sumurgeneng dan kantor Kecamatan Jenu, Rabu (9/1/2019).

Pada acara itu, Kabag Otoda Biro Administrasi Pemprov Jatim Indah Wahyuni dalam sambutannya mengatakan, setiap tahun Indonesia beli minyak dari luar. Sehingga BBM di Indonesia mahal. Untuk itu dengan program strategis nasional ini dapat mengurangi biaya impor untuk pembelian BBM. 

"Ini merupakan program strategis dari pemerintah yang wajib kita dukung," kata Yuni, sapaan akrabnya kepada warga. 

Dipaparkan Yuni, dalam proses persiapan proyek kilang NGRR (penetapan lokasi) ini, warga yang punya sawah, ladang, pekarangan di lokasi yang akan ditempati kilang masih bisa menggarapnya. Sedangkan bagi warga yang tempat tinggalnya di lokasi masih bisa ditempati. 

"Prosesnya ini masih panjang, dan harapan kami masyarakat tidak buruk sangka dulu," pinta Yuni. 

Koordinasi ini dihadiri jajaran perwakilan Pertamina, Kejati Jatim, Forkopimda Tuban (Pemerintah, Polres, dan Kodim), jajaran Pemprov Jatim, Forkopimka Jenu, Pemdes Wadung, Sumurgeneng, dan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan warga. Acara yang dikawal ketat TNI, Polri, dan Satpol PP berlangsung lancar, aman, dan damai. [fiq/ono]