16:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Bagikan Alat Penagkal Covid-19   |   15:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Memberikan Alat Protokol Kesehatan   |   13:00 . Desa Harus Siap Karantina Pemudik   |   12:00 . Kehilangan Pekerjaan Diganti Sembako Murah   |   11:00 . Anggota DPRD Bantu Tekan Penyebaran Corona   |   10:00 . Korbankan Bahan Tas dan Kaos untuk Masker   |   09:00 . Peduli Disabilitas, Tri Astuti Serahkan Bantuan Masker dan Sembako Ke Markas ORBIT   |   08:00 . Rambah Pelosok Desa, Setiajit Tangkal Covid-19   |   07:00 . 5 Alasan Kenapa Perhatian Laki-laki Berkurang Setelah Jadian   |   15:00 . Dua Kotak Amal Wali di Tuban yang Hilang Ditemukan di Lamongan   |   14:00 . Dua Kotak Amal di Makam Sunan Geseng juga Digasak Maling   |   13:00 . Goa Ngerong Ditutup, Begini Aktifitas Warga   |   12:00 . Satgas Covid-19 PKB Beri Bantuan Alat Semprot Disinfektan   |   11:00 . Kotak Amal di Makam Wali Dicuri Maling   |   10:00 . Kemenkes Tak Rekomendasikan Bilik Disinfektan di Fasilitas Umum   |  
Mon, 06 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 January 2019 15:00

Burung-Burung Hutan di Sepanjang Jalan Pakah

Burung-Burung Hutan di Sepanjang Jalan Pakah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Jenis satwa burung memang memiliki ribuan jenis dan spesies, dengan corak keindahan warnanya. Tak pelak jika masyarakat umum, khususnya pecinta burung maupun kicau mania saling berburu mendapatkan spesies kesukaannya.

Di sekitar jalan Raya Pakah-Tuban, terdapat beberapa deretan burung yang dijual secara umum. Pelbagai jenis burung, mulai dari burung umum yang sering dijumpai seperti Ciblek, Perkutut, Kacer, sampai burung kicau seperti Kenari, Pleci, Lovebird, Kenari dan lainnya.

Penuturan salah seorang penjual burung-burung hias dan kicau itu menunjukkan bahwa, kebanyakan burung yang dijual tersebut berasal dari alas atau hutan lokal sekitar Tuban.

"Jenisnya banyak. Ada yang ternakan, ada juga yang dapat dari alas," papar penjual burung sekitar Jalan Raya Pakah-Tuban itu.

Pemuda asal Kecamatan Plumpang itu menambahkan, hasil perolehan jenis burung yang berasal dari hutan tersebut didapat dengan cara memberi umpan atau membuat kebaikan khusus.

"Stoknya ini, kita jualnya burung hias dan kicau saja. Kalau burung jenis lain bisa dipesan dulu, tapi kalau jenis satwa dilindungi kita kurang berani," tambahnya.

Di sisi lain peraturan pemerintah pusat, yakni Peraturan Menteri (Permen) LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), burung-burung berkicau yang banyak dipelihara oleh masyarakat, saat ini mulai dilindungi. Akan tetapi, hal tersebut kurang begitu maksimal didengar oleh telinga umum.

Isi lampiran dari Permen LHK tersebut menyebutkan sekitar 500 jenis burung yang mulai dilindungi. Banyak diantara jenis tersebut adalah Elang, Rajawali, Kakaktua, Cendrawasih, Gagak, Camar, Poksai, Sikatan, Nuri, Betet, dan lain sebagainya. [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : burung, hutan, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more