15:00 . Tersangka Penggelapan Bantuan Sapi di Tuntut 1,5 Tahun Penjara   |   14:00 . Cari Bibit Atlet, PO Cabang Tuban Gelar Kompetisi Antar Ranting   |   12:00 . Suksesi Pemilu di Tuban, KPU Gelar Konser Musik.   |   11:00 . 129 Bidang Lahan Warga Selesai Dipatok untuk Kilang Tuban   |   09:00 . Camat Hendro Pensiun, Sempat Bercita-Cita Jadi Hansip   |   08:00 . Refresing Bersama Kader Kesehatan Kecamatan Jenu   |   07:00 . Manfaat Berhubungan Intim Selama 30 Hari   |   17:00 . Belum 3 Bulan, Ada 7 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan   |   16:00 . Bulog Belum Bisa Terima Beras Dari Petani, ini Alasannya...   |   15:00 . Nuansa Klasik Santai, Ngopi Nongkrong Tanjung Sari   |   14:00 . Masyarakat Sekitar TPPI Rutin Dapat Pengobatan Gratis   |   13:00 . Kebakaran Lumat Rumah Pedagang Ikan   |   12:00 . Tak Lagi Terkelola, Begini Komen Pengunjung Sendang Maibit   |   11:00 . Tiga Warga Jenu Itu Resmi Tersangka   |   10:00 . Kaji Cepat Kebakaran, Berlanjut Gotong Royong Dirikan Rumah Korban   |  
Mon, 25 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 05 January 2019 14:00

Harlah ke-33 Pagar Nusa, ini Pesan Ketua Cabang Tuban

Harlah ke-33 Pagar Nusa, ini Pesan Ketua Cabang Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sekitar 33 Tahun yang lalu, tepatnya 3 Januari 1986, merupakan peristiwa bersejarah bagi warga Ikatan Pencak Silat NU (IPSNU) Pagar Nusa. Hari itu, tepat terbentuknya dan berdirinya Wadah Pencak Silat yang kini dinahkodai Emha Nabil Haroen itu.

Ketua Cabang Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib menyatakan, Pagar Nusa didirikan oleh almaghfurlah KH Muhammad Abdullah Maksum Jauhari (Gus Maksum) bersama para kiai dan tokoh persilatan yang lainnya. Berdirinya Pagar Nusa, tidak lepas dari restu Kiai-kiai NU.

"Pagar Nusa adalah pagarnya NU dan Bangsa sesuai dengan mottonya 'Hidup Mulia Atau Mati Syahid' ataupun semboyannya yang terus melekat dalam dada 'NKRI harga MATI, Bela KYAI Sampai Mati'," kata Gus Mujib, sapaan akrabnya.

Magister Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya itu berujar, keistimewaan Pagar Nusa jika dibanding dengan perguruan lain adalah dari segi 'Sanad' keilmuanya yang merupakan hasil dari tirakat Ulama-ulama NU. Tak ayal ditegaskan dia, jika Pagar Nusa adalah satu-satunya organisasi Pencak Silat di Nusantara yang anggotanya selalu mencerminkan ahlak seorang santri dan manut dawuhe kiai.

"Maka bersyukurlah kita semua diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari pembela Ulama dan Bangsa," begitu kata Gus Mujib, memberi semangat anggota Pagar Nusa Tuban, di harlah ke-33 Pagar Nusa ini.

Pihaknya berharap, para warga maupun siswa Pagar Nusa tetap istiqomah, menjaga silaturahmi, memperkokoh rasa persaudaraan, menjujung tinggi nilai-nilai kependekaran dan terus berjuang untuk Pagar Nusa yang patut dibanggakan ini.

"Pada intinya kita semua harus punya keinginan dalam hati untuk selalu 'Ngurip-uripi Organisasi ojo Golek Urip Nang Organisasi' (Menghidupi organisasi jangan cari kehidupan di organisasi)," tegasnya.

Ditandaskan Gus Mujib, apapun warna seragam yang dipakai jika alirannya sama yang berada dibawah naungan Pagar Nusa adalah saudara. Demi kejayaan organisasi, pihaknya meminta semua anggota tetap satu komando.

"Merah dan hitam adalah warna saja. Apapun kita tetap satu yaitu Pagar Nusa. Selamat Hari Lahir Pagar Nusaku, selamanya engaku akan dijiwaku, kejayaanmu adalah impianku. Laa Ghaaliba illa Billah," pungkasnya.[rof/ito]

Tag : pagar, nusa, nu, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more