11:00 . 82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas   |   10:00 . Awas !! Gelombang Laut Utara 2,5 Meter   |   09:00 . Ini Status Pengukuran Lahan Kilang Tuban di 3 Desa¬†   |   08:00 . Ini Dia Striker Buruan Persatu   |   07:00 . Bayi Suka Menjulurkan Lidah, Normal Enggak Ya?   |   20:00 . Perdana Buka, Antrean Pengunjung Bioskop Mengular   |   19:00 . Api dari Sampah, Warung di Jalan Pantura Nyaris Ludes Terbakar   |   17:00 . Problematika Penerapan Sistem Zonasi PPDB 2019   |   16:00 . Dinas PM PTSP dan Naker Tuban Cek Kesiapan Bioskop   |   15:00 . Ini Bahasan Konferensi Kepala Desa Se-Kecamatan Soko   |   14:00 . 68 PNS Pensiun, 12 CPNS Terima SK   |   13:00 . Wabup Minta Kontraktor Pemenang Tender Segera Memulai Pengerjaan JLS   |   12:00 . Anggaran Pilkada Tuban 2020 Naik Dua Kali Lipat   |   11:00 . Dua Tim BPN Turun ke Lahan Kilang Minyak   |   10:00 . KPU Siap Kirim Saksi dan Alat Bukti   |  
Thu, 20 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 25 December 2018 14:00

Ratusan Pendekar PSHT Gelar Long March Kunjungi Loji Banyuurip

Ratusan Pendekar PSHT Gelar Long March Kunjungi Loji Banyuurip

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan pendekar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Tuban Selatan menggelar Long March sepanjang 7 kilo meter, Selasa (25/12/2018). Mereka berjalan dari aula Padepokan PSHT Senori menyusuri jalan poros kecamatan via Desa Jatisari, Leran, Kaligede berakhir di halaman rumah Loji peninggalan kolonial yang berlokasi di Gunung Gong, Desa Banyuurip.

Long march yang diikuti 600 siswa dan warga PSHT ini bertujuan untuk napak tilas sejarah para pejuang di zaman perintis kemerdekaan di tahun 1917 melalui dunia pencak silat. Salah satunya, Jasa Ki Hadjar Hardjo Oetomo dari Madiun yang turut berperan merintis kemerdekaan dengan menyatukan elemen bangsa lewat organisasi dan dunia silat.

"Harapan kami dengan mengunjungi tempat sejarah (loji) ini akan menambah wawasan sejarah ke-Indonesia-an dan ke-SH-an yang ditanamkan sejak masuk sebagai siswa PSHT. Sebab, nilai sejarah leluhur tersebut perlu dilestarikan," ungkap Pengurus Harian PSHT Kabupaten Tuban, Zakki Mubarrok kepada blokTuban.com, Selasa (25/12/2018).

Senada dikatakan sesepuh PSHT Senori, Agus Trianto, dalam ke-SH-an ditanamkan pada siswa dan warga antara lain, sikap hidup tidak boleh menindas orang lain dan tidak mau ditindas orang lain.

"Dalam ke-SH-an itu yang harus ditanamkan," tegasnya.

Sebelumnya, pada pelepasan ratusan PSHT, pihak keamanan mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan antar perguruan pencak silat, seperti yang sudah dilaksanakan selama Kapolsek menjabat.

"Saya berterimakasih selama bertugas dari unsur ormas dan perguruan silat disini saling memberikan kontribusi dan mengisi dalam menjaga Kamtibmas," kata Kapolsek Senori, Kompol, Ahmad Kusrin di hadapan ratusan pendekar PSHT di padepokan Senori.

Pantauan di lapangan, gelaran Long March dimulai pukul 07.00 Wib. Kegiatan juga diisi dengan pengarahan Warga PSHT kepada siswa yang menempuh kenaikan tingkat. Kegiatan ditutup dengan prosesi penyematan sabuk oleh pengurus PSHT setempat. [rof/ito]

Tag : psht, banyuurip, senori

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more