12:00 . Restorasi Kilang Tuban Tinggal Lima Persen   |   11:00 . Dugaan Sementara, Mayat Bayi di Pantai Sengaja Dibuang   |   10:00 . Mayat Bayi Perempuan Ditemukan Tengkurap di Pantai Tuban   |   09:00 . Hadapi Tiga PSN, TPPI Siapkan Pemuda Terampil Bersertifikat BNSP   |   08:00 . Perdana, 'TABANA' Dikukuhkan Sebagai Madrasah Tangguh di Tuban   |   07:00 . 5 Cara Agar Lekas Move On dari Seseorang yang Ghosting Kamu   |   17:00 . Menteri Kelautan dan Perikanan Lepas Kontainer Ke-90 Ekspor Olahan Ikan   |   16:00 . Lebih Ramah Lingkungan, Warga Denpasar Coba Pertalite   |   15:00 . KBM Serentak 13 Juli, Ini Kata Kemenag Tuban   |   14:00 . Pertamina Pakai Sistem Konsinyasi Selesaikan Sisa Lahan Kilang GRR Tuban   |   13:00 . Seratus Persen Kilang GRR Tuban Olah Minyak dari Luar Negeri   |   12:00 . Bupati Resmikan Yayasan Al-Chusnaniyah Jadi Madrasah Tangguh   |   09:00 . Pasien Positf Covid-19 Tambah 1, Seorang PDP Meninggal   |   08:00 . Keluar Masuk Hutan Setiajit Temui Warga Pelosok   |   07:00 . Mungkinkah Penggunaan Masker Wajah Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh?   |  
Thu, 09 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 22 December 2018 18:00

5 Wisata Sekaligus Tempat Kemah di Tuban Selatan

5 Wisata Sekaligus Tempat Kemah di Tuban Selatan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musim libur sekolah maupun libur Hari Natal dan Tahun Baru telah tiba. Selagi waktu senggang, masyarakat umum banyak berburu tempat wisata. Di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, terdapat sejumlah lokasi wisata dengan pelbagai basis. Entah itu wisata alam, edukasi, berikut spot keren. Wisatawan bisa berlibur santai, bahkan melakukan aktivitas camping atau berkemah bersama keluarga maupun sahabat tersayang di lokasi wisata yang ada.

Dalam kesempatan kali ini, tim blokTuban.com telah menghimpun 5 wisata yang sekaligus juga sering digunakan tempat berkemah:

1. Sendang Gede - Jegulo
Terletak di kaki perbukitan kapur Tuban selatan, Sendang Gede yang ada di Desa Jegulo, Kecamatan Soko belakang ini telah dipugar lebih fresh nan kekinian. Sendang atau sumber mata air murni disana, juga dilengkapi dengan saran outbond, beserta lahan berkemah dekat waduk dengan sajian panorama alam yang perawan khas dataran tinggi desa setempat.

2. Sendang Ngerong Gununganyar
Nama Ngerong kali ini bukan nama Goa yang ada di Kecamatan Rengel lho, akan tetapi sebuah sumber alami yang dibendung guna mencukupi kebutuhan air warga masyarakat Desa Gununganyar, Kecamatan Soko. Sendang Ngerong yang sempat menjadi pusat perhelatan Festival Wirakarya Kampung Kelir (FWKK) 2018 Tuban-Bojonegoro beberapa bulan lalu juga recomended untuk dijadikan tempat liburan dan berkemah. Kegiatan outdoor umum, perkemahan Pramuka, hingga giat sosial lainnya, didukung penuh oleh seluruh lapisan masyarakat desa setempat. Baik itu warga, pemuda, hingga pemerintah desa (Pemdes).

"Mau kegiatan apapun, silakan langsung koordinasikan dengan pemdes. Asal positif, kita dukung," kata Ahmad Ridwan selaku Kepala Desa Gununganyar.

3. Sendang Gede Bentaor Klumpit
Di Desa Klumpit, Kecamatan Soko juga terdapat sebuah lokasi sumber mata air dari deretan perbukitan kapur. Tempat itu juga menjadi legenda kemah sejak dulu kala, berbagai instansi pendidikan hibgga komunitas umum di Kabupaten Tuban sering menjadikan Sendang Gede sebagai pelaksanaan kemah Pramuka pelbagai tingkat. Lokasi yang rindang ala lingkungan Bentaor semakin membuat betah para pengunjung untuk bersemayam lebih lama, sekedar santai, berswafoto, maupun kegiatan alam.

4. Sendang Bulung Nguruan
Sendang Bulung yang berada di Dusun Bulung, Desa Nguruan, Kecamatan Soko merupakan lokasi sumber mata air yang melimpah. Tempat ini dulunya juga gencar dijadikan pusat kegiatan Perjusami (Perkemahan Jumat Sabtu Minggu) oleh pelajar di sekitar Kabupaten Tuban. Namun begitu, lokasi yang terkenal dengan panorama alamnya tersebut tengah beredar tentang isu miring, bahwa Sendang Bulung tak lagi bisa diharapkan jadi tempat berkemah.

Dari sekian isu persoalan yang ada, salah satu sebabnya adalah sumber air Bulung itu sendiri. Warga setempat banyak menyalurkan air demi mencukupi kebutuhan air sehari-hari. Namun instalasi perpipaan uang tak tertata rapi mengakibatkan calon peserta kemah dibuat kerepotan saat berkegiatan maupun mendirikan tenda.

5. Sendang Maibit
Bumi Lanjar Maibit, Desa Maibit, Kecamatan Maibit. Ya, nama itu tak begitu asing ditelinga umum khusunya masyarakat Kabupaten Tuban. Sendang dengan pancaran air jernih, tempat yang teduh dengan tambahan bangunan dilengkapi aksesori unik kekinian, menambah kesan wisata yang santai dan nyaman.

Tak jauh dari sekitar Sendang Maibit, terdapat sejumlah titik lokasi kemah yang muat untuk ribuan peserta. Selain itu, Bumi Perkemahan Lanjar dalam waktu dekat juga dikonsentrasikan lebih pada sektor perkebunan, yakni pencanangan wisata agro berbasis edukasi.

Ketua Pramuka Dewan Kerja Cabang (DKC) Tuban, Fatkhul Ni'am juga mempunyai tanggapan tersendiri tentang lokasi kemah yang sering digunakan di wilayah Tuban selatan.

"Tuban selatan yang sering ya di Maibit Rengel. Itu yang sudah umum, dan banyak orang yang tahu. Kalau di Soko ini Bentaor juga prospect," terang lelaki yang kerap disapa Kak Niam ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Sabtu (22/12/2018). [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : wisata, tuban, natal, tahun, baru



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more