Peralihan Musim,  DPP Tuban Minta Peternak Waspadai Penyakit BEF Pada Sapi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban meminta kepada para peternak sapi yang ada di Kabupaten Tuban untuk mewaspadai penyakit Bovine Ephemeral Fever (BEF) yang biasanya menyerang hewan ternak sapi saat peralihan musim.

Hal itu disampaikan oleh, Basuki selaku Kasi Kesehatan Hewan Ternak, DPP Kabupaten Tuban. Menurutnya, para peternak sapi harus mewaspadai penularan penyakit BEF pada hewan sapi dengan memperhatikan kebersihan kandang.

"Peternak harus memperhatikan kebersihan kandang saat musim penghujan ini dan selalu memperhatikan kondisi mata dari ternak itu," terang Basuki saat dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (10/12/2018).

Menurutnya, penyakit BEF atau deman/pilek sendiri merupakan penyakit yang paling sering menyerang hewan ternak sapi di Kabupaten Tuban yang ditularkan oleh nyamuk dan lalat saat peralihan musim seperti saat ini.

"BEF merupakan penyakit yang dominan menyerang sapi saat perubahan musim, tapi hingga saat ini masih belum ada pengaduan adanya hewan ternak yang mati karena terkena penyakit itu," terangkanya.

Selain peternakan sapi, dia juga mengimbau kepada para peternak kambing agar tidak memberikan makanan hijau-hujauan dalam keadaan basah, karena itu bisa mengakibatkan kambing kembung. [hud/ito]