Pokdarwis Ngino Mulai Kembangkan Fungsi Rumah Baca

‎Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Salah satu fasilitas wisata Sendang Asmoro, yakni Rumah Baca yang berada di wisata alam Desa Ngino, Kecamatan Semanding tengah melakukan pengembangan fungsi dan tujuannya.

Jika sebelumnya bangunan Rumah Baca dibuat bersamaan dengan renovasi taman, namun belum sempat terisi buku-buku bacaan, kini Rumah baca tersebut telah tersusun rapi aneka buku bacaan ‎umum.

"Sudah terus berkembang, tapi ya belu begitu banyak," terang Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sendang Asmoro, Hartomo kepada blokTuban.com, Minggu (9/12/2018).

Ditambahkannya, buku-buku yang terdapat dalam Rumah Baca itu diperoleh dari berbagai sumber. Mulai dari pembelian, pemberian, hingga kiriman khusuS oleh pihak tertentu. Tak ayal, meski belum begitu banyak jumlahnya namun aneka ragam buku bisa dijumpai disana.

‎"Kita juga menerima sumbangan buku. Yang gak terpakai, atau kiranya ingin didonasikan, Rumah Baca Sendang Asmoro akan meneriama dengan senang hati. Umum, semua jenis buku boleh," jelanya lagi.

Sementara itu, salah satu pengunjung saat dijumpai blokTuban.com saat berada di zona literasi tersebut, mengaku salut oleh upaya gerak literasi dari pengelola wisata.

"Kreatif. Kalau pengunjung ingin santai dan ganti aktivitas lain,‎ bisa baca buku di sini. Hitung-hitung tambah wawasan," kata Fadli, pengunjung asal Kecamatan Rengel. [feb/col]