09:00 . PT IKSG Kembali Didemo, Ini Sebabnya...   |   08:00 . Polisi Ungkap Korban Kecelakaan Maut di Jatirogo   |   07:00 . 5 Cara Menghilangkan "Holiday Blues", Rasa Sedih Saat Liburan   |   00:00 . Truk Rokok Hantam L 300, Dua Orang Meninggal Dunia   |   21:00 . Sinergi Antar Field, Sahabat Pertamina Kunjungi Cepu Field   |   20:00 . Peralihan Musim, DPP Tuban Minta Peternak Waspadai Penyakit BEF Pada Sapi   |   19:00 . Ditarget Usai Tahun Ini, Pekerja Proyek Drainase Lembur   |   18:00 . Dana Belum Cair, TPT Desa Ini Tetap Digarap   |   17:00 . Enthung Jati Punya Kandungan Protein Tinggi   |   16:00 . Terduga Pelaku Warga Socorejo, Kades: Kami Dampingi Proses Hukum   |   15:00 . Pemuda Asal Grabagan Meninggal Dunia di Gresik, Ini Kronologinya   |   13:37 . Prodi Ilmu Komunikasi Unirow Terakreditasi B   |   13:00 . Pembangunan Stadion Bumi Wali Molor   |   12:00 . Berburu Entung Jati   |   11:00 . Puluhan Warga Semanding Buru 'Enthung' Untuk Dimasak   |  
Tue, 11 December 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 07 December 2018 07:00

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan Mudah

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan Mudah

Reporter: --

blokTuban.com - Digigit nyamuk jelas menyebalkan. Selain gatal, hasil gigitan sering berbekas di kulit. Oleh karena itu, penting sekali untuk paham cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.      

Saat menggigit, nyamuk mengeluarkan air liur dari dalam moncongnya. Air liur itu berguna untuk menjaga agar darah tidak cepat menggumpal. Ini akan memudahkannya untuk mengisap darah yang bakal menjadi nutrisi bagi calon anak-anak nyamuk. Perlu diketahui, hanya nyamuk betina yang suka menggigit. Akan tetapi, air liur nyamuk mengandung enzim dan protein yang dianggap sebagai zat asing oleh tubuh. Inilah yang membuat tubuh mengaktifkan sistem pertahanan alami. Tubuh akan memproduksi histamin dalam jumlah banyak dalam upaya memeranginya.     

Kadar histamin yang tinggi akan membuat aliran darah dan jumlah sel darah putih di sekitar area yang digigit nyamuk meningkat. Hal ini memicu peradangan dan pembengkakan kulit yang terlihat sebagai bentol.      

Bentol atau bintik merah ini yang terasa gatal. Ini mengundang kita untuk menggaruknya. Tanpa sadar, menggaruk bekas gigitan nyamuk semakin membuat rasa gatal terasa. Hal ini yang membuat kulit teriritasi sehingga meninggalkan bekas. Bagi yang peduli terhadap penampilan, bekas gigitan nyamuk akan terasa mengganggu. Namun, jangan khawatir ada cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara-cara tersebut sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk diawali dengan mencucinya dengan air dan sabun. Lakukan sesegera mungkin setelah digigit nyamuk. Ini supaya rasa gatalnya tidak muncul. Siapkan dulu air hangat dan sabun. Cucilah area yang digigit nyamuk dengan air dan sabun tersebut. Setelah itu, bisa pula ditambahkan kompresan es agar rasa gatal semakin hilang. Caranya mudah saja. Masukkan beberapa buah es batu ke dalam plastik dan bungkus dengan handuk. Lalu tempelkan ke bagian yang digigit nyamuk. Hal ini akan mengurangi rasa gatal sehingga iritasi dan bekas gigitan nyamuk di kulit tidak muncul. Kalau ingin praktis bisa pula memakai krim antigatal untuk meredakan rasa gatal. Perlu disadari, kunci untuk menjaga tidak ada bekas gigitan nyamuk adalah menghilangkan gatalnya yang berpotensi digaruk dan menimbulkan iritasi. 

Oles dengan krim Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk lainnya adalah dengan mengoleskan minyak atau krim yang mengandung vitamin E. Olesi ke area yang digigit nyamuk. Vitamin E berguna untuk membantu tubuh menghilangkan bekas kemerahan dan mempercepat penyembuhan iritasi kulit. Lakukanlah itu minimal dua kali dalam sehari. Kalau tidak mempunyai krim yang mengandung vitamin E, ambil madu murni. Madu bisa menjadi salah satu sarana dalam cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Oleskan madu ke area yang digigit nyamuk. Lalu bilas dengan air bersih. 

Madu bakal berperan sebagai antiseptik alami bagi kulit. Nanti area kulit yang diolesi madu akan lembap sehingga iritasi hilang dan bekas gigitan nyamuk tidak terlihat lagi. 

Selain dengan krim vitamin E dan madu, bisa pula mengolesi bagian yang digigit nyamuk dengan lidah buaya. Tanaman ini juga mampu berfungsi sebagai pelembap alami. Selain itu, lidah buaya berguna sebagai antiperadangan karena mengandung zat antioksidan yang tinggi. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan lidah buaya mudah sekali. Cukup potong lidah buaya. Lalu oleskan daging lidah buaya ke area yang digigit nyamuk.  Lakukan dua kali dalam sehari sampai bekas luka gigitan nyamuk hilang.

Masker alami Agar gigitan nyamuk tidak menimbulkan bekas, bisa juga membuat masker alami. Ambil beberapa bahan seperti tomat, pepaya, serta lemon. Bahan-bahan itu diketahui kaya dengan vitamin C dan mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Nanti vitamin C itulah yang akan berperan mencerahkan warna kulit. Sedangkan antioksidan menghilangkan iritasi yang muncul. Akibatnya, bekas gigitan nyamuk akan hilang.      

Untuk membuatnya, tumbuk pepaya, tomat, dan lemon hingga halus. Setelah itu, oleskan hasil tumbukannya ke area yang digigit nyamuk. Lalu diamkan sekitar 15 menit. Sesudahnya baru bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukanlah itu dua kali dalam sehari sampai bekas gigitan nyamuk hilang. [lis]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan Mudah", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/12/05/173821820/cara-menghilangkan-bekas-gigitan-nyamuk-dengan-mudah. 

 

Tag : nyamuk, bekas

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 15:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more