Puluhan Penyandang Disabilitas Terima Sosialisasi Pemilu Dari KPUD Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan penyandang disabilitas yang tergabung dalam Organisasi Disabilitas Tuban (Orbit) menerima Pendidikan Pemilih dan Sosialisasi Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban, Minggu (11/11/2018).

Pendidikan pemilih dan sosialisasi yang dikhususkan kepada penyandang disabilitas Tuna Daksa tersebut diselenggarakan KPUD Tuban di Gedung Juang, Jalan Pramuka, Kelurahan Latsari, Kabupaten Tuban.

Komisioner KPUD Tuban Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yayuk Dwi S mengatakan kegiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta informasi terkait dengan pemilu 2019 mendatang kepada kelompok penyandang disabilitas.

Hal itu dikarenakan dengan keterbatasan yang mereka miliki, kelompok disabilitas ini akan kehilangan informasi terkait pemilu 2019 yang seharusnya mereka dapa. Sehingga KPUD melakukan upaya menjemput bola dengan memberikan pendidikan pemilih seperti ini.

"Mereka juga memerlukan informasi yang sama seperti kita. Bahkan kalau kita tidak jemput bola seperti ini mereka akan kehilangan informasi dengan kondisi keterbatasan mereka," terang Yayuk usai memberikan pendidikan pemilih.

Ditambahkanya, kegiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilu 2019 dengan sasaranya kelompok penyandang disabilitas ini akan terus diagendakan hingga mendekati pelaksanaan pemilu 2019 mendatang. Terlebih kegiatan saat ini ada beberapa masukan dari peserta.

"KPU telah mengadendakan kegiatan pendisikan pemilih kepada penyandang disabilitas ini menjadi tiga kelompok, yakni kelompok Tuna Daksa, Tuna Rungu dan Tuna Netra," imbuhnya.

Dari pantauan blokTuban.com, usai materi pendidikan pemilih dan sosialisasi tersrbut disampaikan, puluhan penyandang disabilitas tersebut juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab.[hud/ito]