12:00 . Tahun 2019 Parkir Berlangganan Pemkab Tuban Target 8 M Lebih   |   11:00 . PN Tuban Adakan Baksos dan Khitan Massal   |   10:00 . Hujan Lebat Diprediksi Melanda Tiga Kecamatan Malam Nanti   |   09:00 . Apa Dampak Rencana Kenaikan Gaji Bagi Perangkat Desa di Tuban?   |   08:00 . Gaji Perangkat Desa Naik, PPDI: Kita Kawal   |   07:00 . Hal-hal yang Merusak Manfaat Berolahraga   |   20:00 . Satpol PP Akan Panggil Pemilik Warung Ilegal di Pasar Mondokan   |   20:00 . Permudah Pengurusan Berkas Purna Tugas BKD Kerjasama dengan Taspen   |   18:00 . Anggaran Normalisasi Suangai Mangunjoyo Capai Rp200 Juta   |   17:00 . Peringatan Dini Cuaca Buruk di Jatim, Bagaimana dengan Tuban?   |   16:00 . Penghasilan Meningkat, PNS Banyak Cerai?   |   15:00 . KPU Wajibkan Jajaran Nobar Debat Capres-Cawapres Putaran Pertama   |   14:00 . Kasat Intel Polres: Tidak Ada Unsur Pidana   |   13:00 . Satpol PP Ciduk Dua Orang Gelandangan   |   12:00 . BANGUNAN DI TUBAN INI TERKENAL ANGKER   |  
Thu, 17 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 05 November 2018 16:00

Azas Musyawarah Dalam Terapan Sistem Pertandingan Silat

Azas Musyawarah Dalam Terapan Sistem Pertandingan Silat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam pertandingan olahraga pencak silat, rupanya juga lekat dengan azas musyawarah bersama. Tentunya dengan pertimbangan para Juri beserta Wasit, yang kemudian disetujui dan diputuskan oleh Ketua Pertandingan sebagai hakimnya. Hal tersebut bisa dilihat dalam laga tanding silat pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) V Tuban, yang digelar di Lapangan Tenis Indoor Jl. DR Wahidin Sudirohusodo Tuban.

Selama pertandingan, kedua atlet yang beradu fisik dan teknik digolongkan pada sudut Biru dan sudut Merah. Serangan demi serangan mulai dari pukulan, tendangan, jatuhan, hingga guntingan dinilai dengan poin tertentu.

Segala bentuk serangan, tangkisan, hindaran atau elakan enggunakan teknik tertentu, akan mendapat poin minimal 1 hingga maksimal 1+3, dengan syarat kombinasi teknik yang lengkap dalam menjatuhkan lawan. Akan tetapi jika keputusan Wasit pemimpin pertandingan dianggap kurang pas oleh Ketua Pertandingan, maka Wasit akan dipanggil dan ke-5 Juri akan diminta masing-masing pendapatnya.

"Memang begitu, azas musyawarah memang telah lama diterapkan dalam pertandingan silat," kata Sekretaris Pertandingan, Riyadhul Munji kepada blokTuban.com, Senin (5/11/2018).

Dijelaskannya lagi, setelah para juri dipanggil dan dimintai pendapat sesuai pengamatannya, jawaban Juri hanya ada dua pilihan. Sah atau tidak, ada pelanggaran atau tidak.

Dari sanalah, rembug musyawarah singkat dalam arena gelanggang pertandingan silat semakin menambah nilai dari pada arti demokrasi. Musyawarah dalam terapan sistem pertandingan tersebut juga mendukung isi  dari Janji Wasit Juri Pencak Silat Indonesia poin kedua, yakni memimpin pertandingan secara jujur, adil, dan bertanggung jawab.

"Juga sesuai Sila ke-5, tentang keadilan. Wasit beserta Juri memang harus adil dalam penilaian," tandasnya. [feb/ito]

Tag : pencak, silat, aturan, pertandingan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more