19:00 . Bentrokan Antar Perguruan Silat di Parengan?   |   15:00 . Berkah Giat Kemerdekaan, Pedagang Keliling Diuntungkan   |   11:00 . Meriah, Gerak Jalan Jegulo Diikuti 54 Regu   |   10:00 . Usai Dibebaskan dari Pasung, Begini Kondisi Karmani   |   09:00 . Penumpang 4 Laki-Laki, 1 Perempuan, Begini Keterangan Polisi   |   07:00 . Pentingnya Kehadiran Ayah untuk Mencegah Stunting Sejak Dini   |   22:00 . Terbalik di Area Persawahan, Satu Korban Penumpang Ertiga Meninggal Dunia   |   21:00 . Rencana Sukowati Jadi Lapangan Aplikasi CCUS Pertama di Indonesia   |   20:00 . Mulai Aktivitas di Rumah, Begini Keadaan Mbah Dji   |   19:00 . Semarakkan Pasar Rakyat, PC Muslimat NU Gelar Lomba Rebana   |   18:00 . Pesan Camat Rengel Jaga Anak, Hingga Sampaikan Program Pemerintah 18-21   |   17:00 . Cumi Kobong, Yuks Cobain ..   |   16:00 . Pimpinan DPRD Sementara Harus Selesaikan Pembentukan Fraksi dan Tartib   |   15:00 . Berikut Nama-nama Anggota Dewan Baru   |   14:00 . Tunjukkan Kesan Merakyat, Ketua DPRD Tuban Ngontel ke Pelantikan   |  
Sun, 25 August 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 10 October 2018 12:00

Ketika Bupati Dongengkan Alat Musik Ajaib dan Sejarah Tuban

Ketika Bupati Dongengkan Alat Musik Ajaib dan Sejarah Tuban

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com- Hari jadi ke-725 Kabupaten Tuban telah resmi dilaunching secara resmi oleh Bupati Tuban, Fathul Huda di Alun-Alun Tuban, Rabu (10/10/2018). Sejumlah agenda dikemas secara rapi pada rangkaian Hari Jadi Tuban (HJT) tersebut.

Acara itu dirangkai dengan gebyar PAUD yang dihadiri 12.000 lebih anak PAUD beserta guru pengajar. Juga dikenalkan Gerakan Nasional Baca Buku (Gernasbaku) sebagai pendukung bahan ajar guru kepada murid.

Bupati Tuban sempat mendongeng di hadapan anak-anak. Dongeng Alat Musik Ajaib dan tentang asal usul Tuban diceritakannya. Dengan antusias, anak-anak menyimak apa yang dituturkan Fathul Huda.

"Zaman dulu ketika berdakwah, Raden Makdum Ibrahim dari Tuban sering berdakwah dengan seperangkat alat musik gamelan yang disebut Bonang," ujar Bupati memulai bercerita pada anak-anak.

Bonang sendiri adalah jenis alat musik yang terbuat dari bahan kuningan, yang bagian tengahnya menonjol mengikuti bentuk lingkaran. Bupati juga berinteraksi lebih pada anak-anak yang hadir.

"Karena berdakwah dengan alat Bonang, ia pun dipanggil sebagai Sunan Bonang,’’ terang Bupati.

Dikisahkannya pula, Sunan Bonang pernah menaklukan seorang pimpinan perampok bernama Kebondanu dengan hanya menggunakan seutas tambang dan Bonang. Begitu Bonang ditabuh, Kebondanu dan anak buahnya tak mampu bergerak.

"Sehingga gagallah mereka melakukan perampokan sejak itu. Ketika Bonang dibunyikan, mereka tak bisa bergerak. Sejak itu Kebondanu dan anak buahnya menjadi murid setia Sunan Bonang. Tahu ya anak-anak?" tanya  Bupati. 

Di lain waktu, ada seorang mahaguru yang datang dari India berlayar ke Tuban untuk beradu kesaktian dengan Sunan Bonang. Namun, di tengah laut, perahunya terbalik karena dihantam badai. Semua kitabnya berjatuhan di dasar laut. 

Kemudian di tepi pantai, tanpa sengaja ia bertemu dan bercerita kepada seseorang yang bertongkat. Tiba-tiba saja, orang bertongkat mencabut tongkatnya yang menancap di pasir dan mendadak tersemburlah air dari bekas lubang tancapan tongkat itu, membawa semua kitab yang dibawanya.

"Itukah kitab tuan yang tenggelam di dasar laut," kata Bupati seakan-akan menirukan logat orang bertongkat.

Orang bertongkat tadi adalah Sunan Bonang. Mengetahui itu, mahaguru dari India tadi pun langsung bertekuk lutut dan memohon dijadikan murid dari Sunan Bonang. [feb/ono]

 

 

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more